Ini Loh Bedanya Kopi Arabika Dan Robusta

Dian Tempo

08 May 2019 | 11:31

Indonesia merupakan negara produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam dan Colombia. Dari total produksi, sekitar 67% kopinya diekspor sedangkan sisanya (33%) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Arabika dan Robusta, dua jenis kopi yang biasa di konsumsi masyarakat Indonesia. Namun tahu kah anda cara membedakan kedua jenis kopi tadi?

Slamet Prayoga, Pemilik perkebunan kopi di Gunung Malabar, Bandung menjelaskan ciri yang membedakan untuk anda. 

Memperingati hari kopi se-dunia, 2 Oktober lalu, Komunitas kedai kopi se-Bogor menggelar acara 1000 kopi untuk bogor. Dalam kesempatan itu juga diperkenalkan kopi robusta hasil olahan petani Bogor. Lantas apa yang membedakan kopi Robusta dan Arabica.

Klo utk rasa kopi Indonesia sangat bs berbicara di kancah dunia. Sangat2 bs utk kopi Indonesia. Dr berbagai event yg diadakan diluar negeri, kita slalu mendapatkan juara gold atau winnernya.

Liputan: Indra Toni Setiawan & Rosito

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more