Kekuatan Dalam Seni Gendang Beleq

Dian Tempo

08 May 2019 | 11:24

Gendang beleq merupakan sebuah Kesenian tradisional  khas Lombok. Cara bermain dengan ditabuh bersamaan dengan beberapa instrument alat musik tradisional lainnya. Dinamakan gendang beleq hal ini dikarenakan bentuk alat musik tersebut berukuran  besar yakni mencapai lebih dari 1. Gendang beleq terbuat dari batang pohon yang besar dan dilobangi pada bagian tengahnya sedangkan pada kedua sisinya di tutup dengan kulit kambing, sapi ataupun kulit kerbau.

Perkembangan kesenian gendang beleq yang dapat kita lihat saat ini merupakan bentuk kesenian yang telah mengalami pengaruh dari kesenian Bali Tawaq-tawaq. Pengaruh ini muncul pertama kali pada tahun 1800 M saat Anak Agung Gede Ngurang Karang Asem memerintah di Gumi Sasak (Lombok).

Pada awalnya kesenian tersebut hanya berupa Jidur yakni gendang besar yang berbentuk seperti bedug, sebuah suling dan sebuah gong. Namun setelah adanya pengaruh dari Bali tersebut ada beberapa penambahan instrumen yang lain. Agar tidak merubah nilai-nilai islam, maka dipertahankan bentuk gendang besar yang menyerupai bedug. Selain itu personil yang digunakan dibatasi 13 atau 17 pemain saja. Kenapa demikian, ini merupakan bilangan yang menunjuk pada bilangan rakaat dalam shalat. Tata cara permainannya pun merupakan implementasi dari pelaksanaan shalat berjamaah dan tuntunan hidup bermasyarakat dengan nilai-nilai keislaman.

Pada gendang beleq dicat dengan pola kotak kota berwarna hitam dan putih. Warna ini pada dasarnya mempunyai arti simbolis tersendiri di Lombok. Hitam berarti lambang keadilan sedangkan putih merupakan lambang kesucian. Selain itu hitam juga dilambangkan sebagai bumi sedangkan putih dilambangkan sebagai langit yang kedua unsur tersebut menjadi kekuatan yang selalu ada dalam kehidupan manusia.

Liputan: Indra Toni Setiawan & Hospita

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more