Destinasi Wisata Asia Termurah 2019

Dian Tempo

16 July 2019 | 10:54

Bisa liburan ke luar negeri adalah mimpi banyak orang, dan kamu mungkin salah satunya. Jika kamu berencana liburan ke luar negeri di Tahun 2019 ini dengan anggaran yang pas-pasan, Tempochannel merangkum beberapa rekomendasi wisata Asia yang murah, bisa kamu jadikan pertimbangan.


1. KAMBOJA

Hampir semua situs travel yang menjual wisata Asia menyertakan Kamboja dalam daftar destinasi termurah wisata Asia. Masih tergolong di kawasan ASEAN, Kamboja adalah negara yang patut dipertimbangkan di kancah wisata asia. Hal itu karena harga makanan dan akomodasinya masih relatif murah. Salah satu destinasi utamanya adalah Angkor Wat. Angkor Wat adalah sebuah kawasan candi di Kota Angkor yang dibangun pada abad ke-12. Angkor bisa menjadi salah satu unggulan wisata Asia.

Selain Angkor Wat, destinasi wisata Asia di Kamboja banyak yang menarik. Sebut saja Tuol Sleng Genocide & Killing Field yang menyimpan kisah kelam di masa kekuasaan Pol Pot, Istana Raja dan Silver Pagoda nan indah megah khas arsitektur Kamboja,atau beberapa pantai cantik seperti pantai Sihanoukville. Hematnya, banyak situs menarik wisata Asia di Kamboja.

Bagi orang Indonesia yang ingin melakukan wisata Asia ke Kamboja praktisnya lewat jalur udara. Dari Jakarta untuk mencapai Phnom Penh Kamboja via udara tidak bisa langsung, namun harus transit antara Kuala Lumpur atau Bangkok. Tanpa memperhitungkan waktu transit, waktu tempuh Jakarta – Phnom Penh sekitar 4 jam. Cukup singkat untuk perjalanan ke luar negeri.


2. TURKI

Meski Turki bertetangga dengan daerah konflik seperti Irak dan Suriah, Turki cukup aman untuk dikunjungi wisata Asia. Rekomendasi destinasi wisata Asia di Turki adalah kawasan Cappadocia. Di sini, kamu bisa mencoba wahana balon terbang dan menikmati panorama dari ketinggian. Cappadocia juga menyediakan rute ‘sunset treks’ yang seru ditelusuri di sore harinya. Turki harus dijadikan prioritas bagi siapa saja yang berencana melakukan perjalanan wisata Asia.

Wisata Asia Turki juga menawarkan banyak destinasi menarik lain. “Istana kapas” Pamukkale cocok untuk penyuka wisata Asia alam, sedangkan Istanbul banyak meninggalkan warisan berharga dari Ottoman. Para pelancong wisata Asia di Turki juga akan menghirup keunikan nuansa gereja-masjid di museum Hagia Sophia, atau jejak-jejak kebesaran Romawi Yunani di kota Selcuk.


3.
CHENNAI, INDIA

India telah dikenal para traveler sebagai destinasi wisata murah, khususnya wisata Asia. Bahkan India termasuk salah satu wisata Asia termurah di Asia Selatan. Salah satu kota yang layak menjadi pertimbangan untuk dikunjungi adalah Chennai di pesisir India. Chennai yang dulunya bernama Madras ini kaya budaya dan sejarah, sangat pas dinikmati sambil jalan kaki. Di Chennai juga terdapat destinasi kuil yang cocok untuk meditasi.

Kalau belum dikenal orang seperti halnya kota New Delhi, Jaipur, Kashmir ataupun Mumbai, ternyata Chennai menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Jika dipromosikan dengan gencar, bukan tak mungkin Chennai akan menjadi primadona wisata Asia masa depan.


4. CHIANG MAI, THAILAND

Berdasarkan situs Price of Travel, Chiang Mai di Thailand masuk dalam 5 kota wisata Asia termurah di Tahun 2018. Tak heran jika Chiang Mai dijadikan target destinasi murah wisata Asia 2019. Biaya berlibur di Chiang Mai mulai dari 300 ribuan rupiah per harinya, termasuk hotel dan makan. Chiang Mai memiliki lebih dari 300 vihara untuk kamu jelajahi. Destinasi populer lain yang tidak kalah seru adalah konservasi gajah di Taman Nasional Mae Taeng.

Walaupun murah, berjelajah wisata Asia di Chiang Mai akan sangat memberikan pengalaman wisata Asia yang mengesankan. Apalagi jika kita berkunjung di musim dingin, antara bulan November hingga Februari, Chiang Mai mengalami puncak keindahan serta iklim ternyaman. Terletak di Thailand utara, kota terbesar kedua setelah Bangkok, sangat sarat dengan pemandangan pegunungan mempesona serta cita rasa kuliner menggoda lidah. Julukan kota mawar utara dapat menjadi gambaran tepat menggambarkan kemolekan Chiang Mai.


5. LUANG PRABANG, LAOS

Di sebelah utara ibukota Laos (Vientiane), terdapat kota Luang Prabang yang masuk daftar destinasi wisata Asia termurah 2019. Luang Prabang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Vihara-vihara kuno yang dibangun sejak abad ke-16, juga menambah kesan bersejarah Kota Luang Prabang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya sisi Sungai Mekong sembari bersepeda.

Berjarak 425 km dari Vientiane, Luang Prabang menyediakan banyak alternatif transportasi untuk para pecinta wisata Asia. Paling cepat memang jalur udara. Namun jika ingin lebih hemat dan sedikit berpetualang, tak ada salahnya jika memilih bus malam. Karena selain hemat, perjalanan bus malam juga akan memberikan waktu untuk tidur malam sekaligus. Sehingga sesampai di Luang Prabang, kita dapat langsung menikmati keindahan pagi terbalut kabut penuh pesona.


6. GUIZHOU, CHINA

Provinsi Guizhou menjadi destinasi wisata Asia yang masih jarang dikunjungi ketika para traveler berlibur ke China. Padahal provinsi ini menyimpan pesona alam yang masih asri. Di Guizhou terdapat wisata air terjun terbesar di China, yaitu air terjun Huangguoshu. Guizhou juga dikenal sebagai hutan 10 ribu puncak. Provinsi Guizhou berdekatan dengan destinasi kuliner seperti Provinsi Sichuan dan Hunan.

Jika melakukan wisata Asia ke Guizhou, jangan sampai melewatkan destinasi wisata spektakuler yang dimiliki Guizhou. Yang pertama, gua pemegang rekor dunia sebagai gua terpanjang di bumi, gua Shuanghe. Tak hanya rekor, gua Shuanghe juga indah secara wisata Asia. Kedua, ada salah satu air terjun terbesar di dunia, Huangguoshu, terkenal indah nan megah. Ketiga, jembatan berketinggian 1.854 kaki, Beipanjiang. Jembatan tertinggi di dunia ini setara dengan tinggi sebuah pencakar langit 200 lantai. Membelah sungai Beipan, jembatan Beipanjiang menyatukan dua tebing Guanling. Tak heran pembangunan jembatan Beipanjiang menelan biaya jumbo: 140 juta dollar US! Wow!

Selain 3 situs wisata spektakuler di atas, masih banyak tak boleh ditinggal seperti: hutan Azalea terbesar di dunia, hutan pohon sakura, south China karst warisan dunia versi UNESCO. Pastinya akan puas jika menjelajah Guizhou.

 

Itulah beberapa destinasi murah di Asia yang menjadi rekomendasi di Tahun 2019 ini. Perlu diingat ya, perbandingan biaya liburan tersebut belum termasuk biaya pesawat. Jadi kalau kamu ngebet banget keluar negeri di tahun ini, mungkin kamu bisa mengunjungi tetangga di Asean terlebih dahulu sebagai pemanasan. Selamat mencoba.

 

Dirangkum dari Forbes dan Independent

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more