Walking Tour, Paket Wisata Yang Bikin Kamu Anti Mager

Dian Tempo

01 February 2019 | 13:34

Walking tour atau tur jalan kaki mungkin masih asing di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk Jakarta. Masyarakat sepertinya malas melakukan explore wisata Jakarta, tentu dengan segala alasan masing-masing. Tidak banyak aktivitias di media sosial memviralkan wisata semacam ini. Padahal, walking tour sangat populer bagi turis manca negara. Mungkin secara tidak langsung, hal ini berhubungan dengan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia, terlebih Jakarta,untuk berjalan kaki.

 

Tetapi bagi kamu dimana telah memulai resolusi hidup lebih sehat di tahun ini dan ingin lebih intim dengan Jakarta, explore wisata Jakarta dengan berjalan kaki bisa menjadi jawaban mengasyikan. Kamu mungkin bisa mencoba salah satu paket wisata Jakarta ‘walking tour’ yang ada. Selain memancing kamu untuk aktif bergerak, kamu juga bisa menikmati wisata Jakarta dengan cara anti mainstream.

 

Dengan menggunakan jasa tur jalan kaki wisata Jakarta, setidaknya newbie travelers seperti kamu tidak akan tersesat saat melakukan wisataJakarta. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penjelasan lebih mendalam saat mengunjungi suatu tempat di wisata Jakarta. Hal itu karena kamu bakal didampingi oleh pemandu lokal dimana sudah khatam betul dalam melakukan explore daerah wisata Jakarta.

 

Berdasar info yang dirangkum Tempochannel, beberapa paket wisata Jakarta walking tour di Jakarta umumnya terklasifikasikan  sebagai berikut:

 

Melihat sisi lain Jakarta, yakni tur jalan kaki untuk melihat sisi lain dibalik gemerlapnya Jakarta. Seperti misalnya kehidupan di perkampungan hingga daerah kumuh. Explore wisata Jakarta model ini cocok bagi kamu yang juga ingin mengasah kepekaan sosial, sekaligus kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat Jakarta di lapisan strata sosial ekonomi paling rendah. Cukup menarik dan menantang bukan?

 

Biasanya, penyelenggara paket explore wisata Jakarta di perkampungan kumuh, menyisihkan separuh dari biaya pembayaran untuk diberikan ke perkampungan kumuh itu. Artinya, sambil explore wisata Jakarta, sebenarnya kamu juga tengah berderma ke kaum papa.

 

Explore wisata Jakarta di perkampungan kumuh mulai menggeliat di awal-awal tahun 2008 hingga sekarang. Salah satu pemicu explore wisata Jakarta perkampungan kumuh adalah setelah 2 film semi dokumenter berjudul Eye of The Day dan Shape of The Moon, berhasil menyabet penghargaan world Cinema Award di ajang Sundance Film Festival 2005, di Amerika Serikat.

 

Sedangkan di luar negeri, explore wisata di daerah kumuh ini berkembang sejak tahun 1990-an. Afrika, Amerika Latin, serta Asia menjadi tempat favorit destinasinya. Bahkan konon konsep explore wisata seperti ini malahan sudah ada sejak abad ke 19. Luar biasa!

 

Untuk di Jakarta, perkampungan kumuh dimana sudah biasa dijadikan objek wisata Jakarta antara lain Kampung Pulo, Kampung Bandan, Kampung Luar Batang, Galur, dan beberapa daerah kumuh super padat penduduknya.

 

Melihat bangunan-bangunan bersejarah, yakni explore wisata Jakarta berkeliling jalan kaki dengan para pemandu paham sejarah bangunan-bangunan kuno di Jakarta. Kawasan tur wisata Jakarta tempat bersejarah umumnya berada di sekitaran Kota Tua.

 

Explore wisata Jakarta di situs bangunan-bangunan bersejarah sebenarnya cukup banyak, mengingat sejarah Batavia pernah dijajah oleh beberapa bangsa asing, khususnya eropa. Bangunan-bangunan peninggalan para penjajah banyak yang direvitalisasi, sehingga menjadi tempat wisata Jakarta indah, atau bahasa anak sekarang instagramable! Sehingga kamupun jangan sampai ketinggalan untuk mengisi medsosmu dengan foto-foto epik bangunan bersejarah Jakarta.

 

Kamu dapat memulai explore wisata Jakarta ini dengan menjelajah Monas. Monumen rancangan Frederich Silaban bersama Raden Mas Soedarsono ini menjadi kebanggaan warga Jakarta, bahkan Indonesia. Berketinggian 132 meter, lapisan emas pada puncaknya serta taman luas mengitari, membuat Monas sebagai tempat asyik untuk explore wisata Jakarta jalan kaki.

 

Setelah Monas, Kota Tua sangat tepat untuk kamu kunjungi segera. Ada Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa & Keramik, serta Toko Merah yang terangkum elok dalam kawasan seluas 1,3 kilometer persegi, sehingga cocok untuk jelajah wisata Jakarta dengan jalan kaki. Para pelaut eropa abad ke 16 menjuluki kota tua sebagai Ratu Timur. Tentu tepatkan sebagai objek explore wisata Jakarta kamu?

 

Masih belum lelah? Lanjutlah dengan explore wisata Jakarta: Galangan Kapal VOC. Didirikan di tahun 1628, situs wisata Galangan Kapal VOC bisa digolongkan sebagai bangunan super tua. Jika kesana, jangan tinggalkan pula untuk menjelajah ke Menara Syahbandar, Pasar Ikan Heksagon, Museum Bahari, juga Pelabuhan Sunda Kelapa. Semua indah.

 

Melihat bangunan ikonik Jakarta, seperti Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, hingga Istana Kepresidenan untuk melanjutkan explore wisata Jakarta dengan berjalan kaki. Wisata bangunan ikonik Jakarta sebenarnya hampir sama destinasinya dengan explore wisata Jakarta bangunan bersejarah.

 

Mengelilingi museum, mengingat Jakarta memiliki banyak museum dimana menyimpan banyak kisah dan barang bersejarah. Explore wisata Jakarta dari satu museum ke museum lain, selain mengasyikan, juga sekaligus memberikan pengetahuan berharga tentang sejarah dan ilmu pengetahuan mengenai bangsa Indonesia.

 

Tur menikmati kuliner, yakni explore wisata Jakarta denganmengunjungi kawasan-kawasanjajanan di Jakarta. Satu yang populer adalah kulineran di Pecinan Glodok (Chinatown-nya Jakarta), yang tidak jauh dari Kota Tua. Kamu bisa mencoba beberapa jajanan yang telah melegenda di kawasan ini. Menggoyang lidah setelah wisata Jakarta jalan kaki, menjadikan nikmat terasa tiada tara.

 

Biaya yang perlu kamu persiapkan untuk explore wisata Jakarta walking tour, mulai dari 100 ribu rupiah namun tidak termasuk biaya makan. Gimana?Daripada kamu menikmati Jakarta sambil macet-macetan, tidak ada salahnya mencoba paket explore wisata Jakarta tur jalan kaki ini kan? Langsung saja kontak penyedia jasa tur jalan kaki, explore wisata Jakarta untuk detailnya.

 

 

sumber pendukung: Tripadviser & WhatsNewJakarta

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more