Seru-seruan Di Kota Ini Saat Liburan Imlek

Romy

04 February 2019 | 00:00

Tidak perlu ke China hanya untuk merasakan kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek. Hal itu karena Indonesia memiliki beberapa kota dimana menghadirkan suasana ‘merah’ ala Imlek. Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya berlanjut hingga perayaan Cap Go Meh. Berikut destinasi kota kota di Indonesia yang selalu meriah saat liburan perayaan Imlek.

Semarang, Jawa Tengah

Di kota Semarang terdapat Klenteng Sam Po Kong, dimana biasanya ramai setiap perayaan dan liburan Imlek. Klenteng Sam Po Kong diyakini sebagai tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho, Laksamana keturunan China pemeluk agama Islam. Liburan Imlek di kawasan ini seolah berada di luar negeri loh!

Medan, Sumatera Utara

Saat liburan Imlek, kamu bisa berkunjung ke Maha Vihara Maitreya, yang merupakan salah satu wihara terbesar di Asia Tenggara. Berbagai atraksi akan ditampilkan saat perayaan Imlek, dan acara tersebut terbuka untuk umum.  Jika kamu ingin mendalami sejarah Tionghoa di kota Medan, kamu bisa berkunjung ke Rumah Tjong A Fie. Sebuah museum dimana menyimpan barang-barang bersejarah bernuansa Tionghoa dan Melayu.

Bandung, Jawa Barat

Kota Bandung tidak diragukan lagi menjadi kota ramah instagram. Kamu bisa menemukan berbagai sudut cantik kota kembang dengan mudah. Nah, selama liburan Imlek, kamu bisa mengunjungi China Town Bandung. Pasti meriah apalagi saat hari perayaan Imlek tiba.

Jakarta

Kawasan Petak Sembilan, Glodok sudah terkenal sebagai tempat perayaan Imlek di kota Jakarta. Kawasan pecinan ini selalu ramai dengan ornamen-ornamen Imlek. Terdapat banyak klenteng yang meriah saat liburan Imlek, bisa kamu kunjungi di kawasan ini.

Surabaya, Jawa Timur

Kalau kamu ingin merasakan deretan permukiman dihiasi pernak-pernik Imlek di kota Surabaya, kamu bisa mengunjungi kampung Tambak Bayan. Warga di kompleks Tambak Bayan biasanya menyambut perayaan Imlek dengan atraksi tarian ular naga dan Barongsai. Rombongan Barongsai blusukan ke rumah-rumah warga untuk menghibur sembari mengumpulkan angpao selama liburan Imlek. Selain itu, adapula festival digelar tahunan di Pasar Atom Surabaya. Jadi kamu bisa menyaksikan festival sembari berbelanja.

Singkawang, Kalimantan

Sebagai kota dengan jumlah penduduk beretnis Tinghoa cukup besar, merayakan liburan Imlek di kota Singkawang akan memberi kesan istimewa. Di kota Singkawang, acara bernuansa Tionghoa sudah terasa jelang perayaan Tahun Baru Imlek dan berlanjut kurang lebih 15 hari hingga perayaan Cap Go Meh. Akan ada banyak festival, terlebih festival Cap Go Meh di Kota Singkawang ini, masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata.

Batam, Kepulauan Riau

Untaian ratusan lampion biasanya menghiasi jalanan di Batam selama liburan Imlek. Dengan jumlah penduduk beretnis Tionghoa lebih dari enam persen, membuat perayaan Imlek menjadi semarak. Selain atraksi budaya, tempat-tempat perbelanjaan di Batam biasanya juga diramaikan berbagai diskon belanja selama masa liburan Imlek.

Setelah baca rekomendasi destinasi saat liburan Imlek dari Tempo Channel, kira-kira kamu bakal liburan ke mana?

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more