Tips Traveling Murah Buat Pemula

Dian Tempo

08 July 2019 | 11:55

Apa kamu tidak capek stalking traveler favoritmu terus, padahal kamunya sendiri belum pernah traveling? Sebenarnya, memulai traveling tidak harus dengan biaya bombastis. Itulah salah satu alasan mengapa traveling murah ala backpacker semakin menjamur. Kalau kamu ragu mesti mulai dari mana, Tempo Channel merangkum beberapa tips traveling murah buat kamu para traveler pemula.

Hal yang mungkin dilakukan sembari menabung buat biaya traveling murah adalah membuat perencanaan yang matang. Mulailah mencatat destinasi yang akan dituju dengan rinci. Kamu bisa browsing-browsing ringan mengenai informasi biaya transportasi, akomodasi, termasuk biaya hidup selama di sana. Di Youtube juga banyak informasi travel terkini dari para vlogger, sehingga kamu bisa dapat informasi yang lebih riil.

Setelah kamu mulai merencanakan perjalanan dan ternyata biaya kamu masih belum cukup, kamu bisa mempertimbangkan traveling murah bareng teman. Sharing cost untuk kendaraan ataupun penginapan akan membuat biaya traveling kamu semakin murah. Saat menginap, kamu bisa memilih penginapan yang menyediakan sharing room. Artinya dalam satu kamar bisa diisi ramai-ramai tanpa khawatir dikomplain sang pemilik atau tamu lainnya.

Bedakanlah traveling yang menggunakan biaya pribadi dengan yang dibiayai kantor atau sponsor. Jika traveling kita sudah dibiayai sponsor, sudah pasti biayanya akan lebih longgar dibanding dibiayai sendiri. Karena itu, saat kamu merogoh kocek sendiri, belajarlah packing yang ringkas agar traveling jadi lebih murah. Hal itu karena kamu tidak perlu menambahkan biaya bagasi. Setiap maskapai biasanya hanya mengizinkan membawa barang ke kabin maksimal 7 kg. Jika barang kamu terlanjur banyak, kamu bisa mengumpulkan semua barang bersama teman kamu dan membawa satu bagasi yang besar. Jadi cukup bawa satu bagasi untuk sekali traveling. Pasti lebih murah kan.

Jika kamu merasa tiket perjalanan masih mahal, coba pantau travel fair yang belakangan rutin digelar agen perjalanan termasuk sejumlah maskapai. Diskon di travel fair bisa mencapai lebih dari 50 persen, lho! Beberapa aplikasi perjalanan juga menawarkan paket traveling murah yang sudah termasuk biaya tiket pesawat dan hotel. Nah, jika kamu sudah punya kartu kredit, kamu bisa beli tiket dengan sistem pembayaran cicilan 0 persen. Dengan begini, biaya traveling pasti bisa lebih murah.

Kamu masih berstatus pelajar? Ini adalah kesempatan untuk mendapat promo ataupun diskon, sehingga traveling kamu dijamin lebih murah. Ada beberapa destinasi yang terkadang memberi diskon hanya dengan menunjukkan kartu pelajar, terutama wahana-wahana permainan. Jadi tidak ada alasan buat kamu untuk tidak liburan ke destinasi ternama ya.

Gimana, ternyata memulai traveling murah tidak susah kan. Yuk tentukan destinasi traveling kamu sekarang!

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more