Hal Yang Diperhatikan Sebelum Menyaksikan Sakura Di Jepang

Romy

23 February 2019 | 15:00

Bisa menyaksikan bunga sakura yang sedang mekar di Jepang merupakan kesempatan emas. Hal itu karena bunga sakura hanya bermekaran sekali dalam setahun. Hanami menjadi tradisi di Jepang sana yang dilakukan saat puncak mekarnya sakura. Sebelum kamu memutuskan melihat sakura di Jepang, simak tipsnya supaya lebih ‘well-prepared’ ya gengs! 

Pilih Waktu yang Tepat

Kalau tujuan kamu ke Jepang memang untuk melihat sakura yang mekar, jangan sampai kamu merencanakan perjalanan kamu di bulan yang salah. Selalu pantau perkebangan jadwal kapan sakura akan mekar. Umumnya, sakura marak bermekaran pada akhir Maret hingga awal April. Durasinya pendek banget kan? Karena itulah, menyaksikan sakura bermekaran secara langsung bisa jadi merupakan kesempatan emas yang tidak datang setiap waktu.

Datanglah Lebih Pagi

Ketika kamu sudah memutuskan lokasi yang tepat untuk menyaksikan sakura, sebaiknya kamu datang lebih pagi. Momen tahunan ini tidak hanya menjadi minat wisatawan asing tetapi juga warga setempat, sehingga lokasi yang kamu tuju bisa jadi akan sangat ramai. Dengan datang lebih pagi, kamu bisa memilih tempat duduk dengan leluasa. Jika kamu ingin berlama-lama, pastikan juga membawa alas duduk.

Bawalah Bekal

Ga asyik dong jika kamu sudah berhasil gelar tikar dan berada di bawah naungan pohon sakura yang sedang mekar tetapi kamu malah kelaparan. Karena itu bawalah bekal makanan dan minum. Hal ini juga bisa menekan biaya kamu, mengingat harga minuman di tempat wisata pasti jauh lebih mahal dibanding tempat biasa.

Bawalah Tisu dan Tempat Sampah

Pastikan kamu membereskan sampah-sampah kamu usai piknik di bawah pohon sakura. Membawa kantong sampah akan sangat membantu kamu loh. Membawa tisu di kantong kamu juga sangat diperlukan. Kamu ga ingin kan usai makan malah mengusap-usap tangan di pakaian kamu.

Siapkan Diri untuk Mengantre Toilet

Wisatawan yang berkunjung saat sakura bermekaran bisa membludak dari hari-hari biasa. Apalagi jika kamu memeutuskan untuk berkunjung pada hari puncak mekarnya. Dengan ramainya apengunjung, kamu sudah harus menyiapkan diri untuk mengantre toilet. Toilet ini bisa jadi ruang paling diincar ketika kunjungan sedang ramai. Antreannya itu bisa mengular bahkan bisa lebih dari setengah jam!

Pilih Tempat Alternatif

Kalau kamu lebih suka menyaksikan sakura bermekaran dengan suasana yang lebih tenang dan jauh dari keramaian, sebaiknya kamu merencanakan perjalanan kamu dengan lebih detil. Kamu harus menyiapkan beberapa daftar tujuan alternatif untuk menghindari keramaian, seperti misalnya di daerah Aomori, Towada, dan Teluk Yokohama. 

Bertahanlah hingga Malam

Ketika matahari tenggelam, bukan berarti pesta telah usai. Di beberapa daerah di Jepang, justru kerumunan orang menyaksikan sakuran bisa berlanjut hingga larut malam. Paparan cahaya lampu-lampu yang menyinari bunga sakura pasti akan membuat kamu takjub. Saat malam tiba, pesta makan dan minum berlangsung di bawah-bawah pohon sakura. 

Menyaksikan bunga sakura di Jepang juga menjadi kesempatan kamu untuk lebih merasakan tradisi hanami. Kamu bisa mendapat pengalaman langsung untuk membaur bersama warga Jepang. Dan yang tidak kalah seru lagi, siapa tahu kamu malah bertemu teman baru di sana, ataupun jodoh. Ups!

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more