Saat Wisata Di Bandung, Kamu Bisa Ngapain Aja?

Romy

15 February 2019 | 15:00

Wisata apa saja sih yang bisa kamu nikmati di Bandung? Saking banyaknya tempat wisata di Bandung, tidak akan cukup bila dibahas dalam satu artikel ini. Karena itu, Tempo Channel mengelompokkan aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan selama di Bandung. Sebenarnya kalau ngomongin Bandung, bisa dibilang identik sebagai destinasi kekinian yang instagramable. Sehingga wisata apapun yang kamu pilih, pasti bisa kamu ‘cekrek’ dan unggah ke media sosial.

Wisata Alam

Bandung merupakan destinasi pilihan buat kamu yang ingin merasakan kesejukan di sekitar kota yang modern. Bandung memiliki kawasan wisata alam yang telah populer dan ikonik, seperti misalnya Kawasan Tangkuban Perahu dan Kawah Putih. Tapi belakangan, wisata alam di Bandung tidak hanya itu. Ada banyak wisata alam yang bermunculan dan ngehits dalam waktu singkat. Sebut saja Tebing Keraton, Ranca Upas, Situ Patenggang, dan masih banyak lagi.

Wisata Seni

Bandung merupakan kota yang memberi apresiasi tinggi terhadap dunia seni. Tidak heran jika dijuluki sebagai salah satu kota seni di Indonesia. Banyak seniman telah lahir dari kota kembang ini. Jadi jangan heran kalau kamu menganggap Bandung selalu dipenuhi semangat kreativitas warganya. Jika kamu ingin mendapat wangsit seni, sekali-kali berkunjunglah ke Bandung. Di kota ini terdapat banyak museum dan galeri seni yang memanjakan kamu. Beberapa diantaranya adalah Nu Art Sculpture Park, Selasar Sunaryo, Wot Batu, dan Museum Barli. Berbagai karya seni tidak hanya diperlihatkan di galeri, kamu juga bisa menemukannya hingga ke jalanan. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan sudut-sudut kota yang instagenic di Bandung. Banyak mural dan bangunan keren yang bisa kamu abadikan lewat kamera kamu. Trotoar di Bandung juga ramah banget sama pejalan kaki, yang bikin kamu semakin seru berburu spot selfie.

Wisata Kuliner

Seorang chef professional Indonesia pernah menyebut kalau siomay bandung yang enak itu adalah siomay yang dibeli langsung di Bandung. Katanya sih, siomay bandung emang jawaranya. Selain siomay, jajanan beken lainnya adalah cwangki. Kamu bahkan bisa menemukan jajanan ini dalam bungkus instan yang modern dalam bentuk cup. Kreativitas waraga Bandung juga mempengaruhi dunia kuliner loh. Banyak hidangan tradisional telah disulap menjadi ragam menu baru yang tampilannya lebih kekinian. Namanya pun unik-unik, seperti misalnya es cendol elizabeth, bakso fortuna,  mochilok, chilok BBQ, martabak San Francisco, dan masih banyak lagi. Jajaran kafe-kafe tempat nongkrong juga seru abis, berkonsep anti mainstream dan sangat ramah buat postingan instragram kamu.

Wisata Belanja

Kalau kamu iseng-iseng buka aplikasi toko online, kamu pasti dengan mudah mendapakatkan toko-toko fashion yang berasal dari Bandung. Hal ini karena Kota Bandung bisa dibilang kota yang fashionable abis. Kamu pernah dengar kan kalau Bandung adalah Paris van Java. Istilah yang sudah diberikan sejak era kolonial itu salah satunya karena Bandung kiblat mode. Dan sampai saat inipun, Bandung menjadi kota mode. Berbagai produk fashion mulai dari topi, baju, sepatu, jaket, celana, hingga hijab pun bertebaran di Bandung. Dan yang paling keren adalah harganya yang relatif terjangkau. Barangnya pun kadang dikreasikan langsung di Bandung. Jadi saat kamu berencana ke Bandung, luangkanlah waktu barang sehari khusus untuk berbelanja. Ada banyak outlet brand lokal terkenal yang ada di sini. 

Wisata Sejarah

Bandung juga merupakan kota kenangan. Bandung menyimpan bangunan historis yang masih bisa kamu lihat hingga saat ini. Penataan bangunan bersejarah inipun telah dikemas menjadi destinasi wisata yang necis. Meskipun sarat aspek historis, jalanan di Bandung dijamin ngga bikin kamu bosan. Bahkan jalanan yang dipenuhi pertokoan seperti Jalan Braga pun sebenarnya memiliki historis yang kuat. Jalan Braga yang ada saat ini masih dipertahankan seperti layaknya Jalan Braga yang tenar di masa kolonial, yang bergaya Eropa. Kawasan inipun menjadi tepat bertemunya warga-warga elit dan tajir di masanya.

Dari sekian banyak kategori wisata yang ada di Bandung, kira-kira kamu bakal mulai dari mana?

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more