Destinasi Indonesia Yang Makin Populer Berkat Film

Romy

06 March 2019 | 11:30

Referensi destinasi wisata terbaru bisa datang dari berbagai sumber, tidak terkecuali lewat film. Emosi yang dibangun dalam suatu film di lokasi tertentu, bisa memancing penontonnya untuk berkunjung langsung ke tempat syutingnya. Apalagi sinematografi film biasanya mengemas suatu tempat yang awalnya terlihat biasa, menjadi terlihat istimewa di mata kamera. Hal ini akan memancing para traveler yang selalu gila akan destinasi yang ramah instagram. Kamu sendiri mungkin pernah mengalaminya kan? Ketika berada di suatu tempat wisata sembari membayangkan beberapa scene tak terlupakan dalam film. Nah, Tempo Channel merangkum destinasi  Indonesia yang semakin populer berkat diangkat ke layar lebar.

Pantai Laskar Pelangi, Belitung

Laskar Pelangi, film yang mengisahkan 12 anak penuh semangat untuk bersekolah ini berhasil membius jutaan warga Indonesia. Tidak hanya ceritanya, setting tempat yang dilakukan di Pulau Belitung yang menawan juga sangat menarik perhatian para penonton.   Salah satunya adalah munculnya pantai yang sangat menawan. Pantai ini diberi nama sesuai dengan filmnya, yakni Pantai Laskar Pelangi. Pantai pasir putih dengan sebaran bebatuan di sela-selanya menjadikan Pantai Laskar Pelangi semakin ikonik. Berkat kemunculannya di film, pantai inpun menjadi destinasi yang hits di Belitung.

Pasir Berbisik, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Hamparan pasir yang luas di kawasan Bromo menjadi semakin populer setelah muncul dalam film berjudul Pasir Berbisik. Film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo ini rilis pada 2001. Dan mungkin karena belum memiliki nama, hamaparan pasir ini pun dinamai seperti filmnya yaitu Pasir Berbisik. Sekilas, kawasan ini seperti di gurun pasir seperti yang banyak terlihat di film-film luar negeri. Ini lah yang menjadi salah satu daya tarik saat berkunjung ke Bromo. Kamu bisa menelusurinya dengan mobil jeep. 

Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Semeru memang telah destinasi pendakian yang telah popular sejak lama, apalagi di kalangan mahasiswa pecinta alam.  Pendakian Gunung Semeru semakin dikenal khalayak setelah munculnya film 5 Cm. Film yang dirilis akhir tahun 2012 ini bercerita tentang persahabatan dan proses pendakian menuju puncak Semeru. Keindahan kawasan Gunung Semeru semakin terekspos, apalagi saat munculnya adegan yang berlatarkan Ranu Kumbolo. Sebuah danau yang menakjubkan di ketinggian dan telah menjadi destinasi favorit bagi para pendaki untuk bermalam. 

Ubud, Bali

Ubud di Bali menjadi salah satu dari 10 kota terbaik  di Asia, keren kan? Pesonanya yang identik dengan seni sekaligus ketenangan ini menjadi incaran wisatawan yang ingin menikmati Bali dengan cara berbeda. Di Ubud, kamu bisa serunya menelusuri persawahan sambil bersepeda, berkenalan dengan para monyet di Monkey Forest, mengunjungi galeri seni, hingga meditasi. Semakin tenarnya Ubud juga tidak lepas dari film yang dibintangi Julia Roberts. Filmnya berjudul Eat, Pray, Love, dan mengambil lokasi syuting di Ubud. Lokasi yang digunakan untuk syuting film inipun menjadi incaran para traveler. Nah, kamu sudah pernah nonton filmya belum?

Gereja Ayam, Magelang

Munculnya sekuel film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) di tahun 2016, membuat para penggemarnya bernostalgia dalam romansa Rangga dan Cinta yang telah popular pada 2002. Film yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra itu tidak hanya sekedar film romansa, tetapi juga menampilkan berbagai destinasi keren di Jawa Tengah sebagai lokasi syutingnya. Salah satunya adalah Rumah Doa Bukit Rhema atau yang dikenal sebagai Gereja Ayam. Penduduk setempat menyebutnya sebagai Gereja Ayam karena bentuk bangunannya yang menyerupai ayam, simple yah?! Gereja Ayam ini terletak di Magelang dan pas buat trekking di pagi hari. Banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk menyaksikan matahari terbit. Psst, kabaranya bangunan ini bukanlah berbentuk ayam loh, melainkan burung merpati.

Pulau Sumba

Keesotisan Pulau Sumba semakin dikenal luas setelah beberapa sineas film Indonesia menampilkannya dalam layar lebar. Film Pendekar Tongkat Emas, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, serta Susah Sinyal adalah beberapa film yang menyajikan keindahan Pulau Sumba. Kamu sudah nonton filmnya belum? Kalau belum, mending segera tonton deh, karena kamu bakal dimanjakan dengan indahnya hamparan savana yang mungkin ga pernah duga kamu sebelumnya, kalau itu semua ada di Indonesia. Bagi kamu yang ingin menjelajahi Sumba, sudah banyak paket wisata yang bisa kamu pilih. Pengalaman ke Sumba bisa jadi pengalaman tak terlupakan bagi kamu deh.

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more