Tips Anti Ketinggalan Pesawat

Romy

01 March 2019 | 15:00

Ketinggalan pesawat biasanya sering menghantui saat traveling. Hal ini karena maskapai pesawat tidak mungkin menunda keberangkatan hanya karena penumpang terlambat tiba di bandara. Begitu kamu ketinggalan pesawat, tiket yang kamu beli bisa hangus seketika. Meskipun sudah diwanti-wanti untuk berada di bandara 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan, terkadang waktu yang diperlukan untuk ke bandara justru tidak pasti. Apalagi jika menghadapi lalu lintas seperti Jakarta. Kadang lancar, kadang macet parah. Kalau kamu belum punya pengalaman naik pesawat, Tempo Channel ngasih tips biar kamu tidak ketinggalan pesawat.

Manfaatkan Online Check-In 
Hampir semua maskapai telah menyediakan fasilitas ini. Online check-in bisa melalui website atapun aplikasi travel. Dengan online check-in, kita bisa menghemat waktu secara drastis. Karena kita tidak perlu mengantre ke counter check-in lagi, dengan catatan bahwa kamu tidak membawa bagasi. Jangan lupa cetak tiket boarding sebelum ke bandara untuk berjaga-jaga, karena tidak semua bandara menyediakan fasilitas print tiket boarding secara gratis.

Periksa Rute Menuju Bandara

Di zaman canggih seperti sekarang, tidak ada salahnya kamu buka aplikasi maps favoritmu, entah itu google maps atau waze, sebelum ke bandara. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menentukan rute terbaik menuju bandara agar terhindar dari kemacetan. Cek juga perkiraan waktu tempuhnya, biar kamu tidak sampai terlambat tiba di bandara.

Cari Tahu Terminal Keberangkatan

Untuk bandara sebesar Soekarno-Hatta, kamu mesti tahu lokasi terminal keberangkatan pesawat kamu. Terminal ini biasanya tertera dalam tiket. Beda maskapai, beda pula terminalnya. Jangan sampai kamu ketinggalan pesawat hanya karena salah terminal ya, nyesek!

Pilih Transportasi Bebas Hambatan

Beberapa daerah di Indonesia telah memiliki kereta khusus bandara. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas umum ini jika was-was pada keadaan lalu lintas yang tidak menentu. Jika fasilitas kereta belum tersedia, kamu bisa menggunakan jasa ojek online saat saat harus melalui lalu lintas yang padat sementara jadwal penerbangan sudah mepet.

Rampingkan Bawaan, Tinggalkan Bagasi di Rumah

Jika kamu sudah merasa kalau waktu keberangkatan sudah mepet, jangan sibukkan lagi pikiranmu dengan membawa barang yang ribet. Sebaiknya, hindari membawa bagasi kalau barang bawaanmu masih muat dalam satu ransel. Semakin ringkas barang yang dibawa, semakin ringan pikiran Anda. Dan fokus selama perjalanan pun akan lebih terjaga. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu mengambil keputusan saat mengejar jam kebrangkatan pesawat.

Hemat Waktu Security Check

Selain tidak membawa barang yang dimasukkan ke bagasi, lepaskanlah semua barang berharga, logam, ikat pinggang, hingga jaket, begitu sampai di bandara dan simpanlah pada satu tempat. Siapkan juga kartu identas dan tiket. Dengan begitu, yakinlah, proses pemeriksaan keamanan pasti lebih cepat. Dan kamu juga bisa menuju gate keberangkatan dengan singkat.

Rajin Lari

Apa hubungannya rajin lari dengan ketinggalan pesawat? Pasti ada, stamina yang fit akan sangat membantu kamu saat hampir ketinggalan pesawat. Jarak anatara gate terminal dan gate keberangkatan bisa lumayan jauh. Jadi ketika nama kamu sudah dipanggil-panggil untuk memasuki pesawat, kamu butuh lari yang kencang menuju gate keberangkatan kan?  Jadi ada baiknya kamu latih kemampuan lari kamu.

Itulah tips yang bisa dipersiapkan apabila kamu ingin terhindar dari ketinggalan pesawat. Kalau kamu punya tips tambahan, boleh beri tahu kita ya. Salam travel!

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more