Destinasi Yang Ga Bakal Bikin Kantong Kering

Romy

05 March 2019 | 12:55

Saat kamu memiliki waktu libur lebih panjang dan ingin berlama-lama di suatu tempat yang kamu jadikan destinasi liburan, kamu mesti cek rekomendasi dari Tempo Channel ini. Karena destinasi yang dirangkum kali ini bakal bikin biaya treveling kamu jadi super murah. Soalnya, biaya hidup yang dibutuhkan berada di bawah rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan biaya hidup yang murah, jelas akan mempengaruhi biaya konsumsi kamu sehari-hari selama berlibur. Dengan begitu, dompet kamu ngga bakalan cepat kering.

Bayangkan saja, kamu masih bisa menemukan jajanan hanya dengan 3 ribu rupiah. Kalau di Jakarta, uang segitu mungkin hanya dapat pisang goreng kan?  Jika mengacu pada data survei BPS 2012, biaya hidup rata-rata dalam satu keluarga di 5 destinasi ini masih 3 jutaan per bulan. Berikut 5 destinasi di Indonesia dengan biaya hidup paling murah.

Banyuwangi
Biaya hidup sehari-hari selama di Banyuwangi diklaim termurah jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Dengan begini, kamu bisa menghemat biaya konsumsi selama liburan. Banyuwangi memiliki destinasi wisata yang menawan. Seperti misalnya Taman Nasional Baluran, yang mendapat julukan  “Africa van Java”.  Karena sekilas mirip dengan savanna di Afrika. Taman Nasional Baluran berada dekat dengan kawasan Gunung Baluran.

Kudus

Kudus juga menjadi kota yang biaya hidupnya tergolong murah. Kota yang mendapakat julukan “Kota Kretek” ini terletak di antara Kota Semarang dan Surabaya. Kudus disebut “Kota Kretek” karena di kota ini banyak terdapat pabrik-pabrik rokok. Di Kudus banya terdapat wisata sejarah dan religi.

Singaraja

Jika kamu ingin liburan lama-lama ke Bali, tapi biaya kamu cukup terbatas, mainlah ke wilayah utara pulau Bali. Di sini terdapat kota bernama Singaraja yang berada di Kabupaten Buleleng, yang biaya hidupnya masih murah. Untuk menikmati kuliner tradisional seperti laklak ataupun tipat cantok, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 3 – 5 ribu rupiah per porsinya. Meski tidak sepopuler Denpasar ataupun Ubud, destinasi wisata di Bali utara ini juga banyak, terutama wisata alamnya. Seperti Air Terjun Gitgit, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Sekumpul, Taman Nasional Bali Barat, dan masih banyak lagi.

Metro

Kawasan Metro di Lampung ini juga memiliki biaya hidup yang murah. Kota Metro menjadi kota terbesar kedua di Lampung setelah Bandar Lampung. Objek wisata di Metro memang tidak sebanyak objek wisata daerah lainnya di Lampung. Namun di Metro juga terdapat beberapa spot wisata keren yang layak dikunjungi. Seperti perkebunan buah, persawahan, hingga waduk Dam Raman.

Probolinggo

Probolinggo sering dijadikan kota persinggahan sebelum menuju ke Bromo. Sehingga kalau bicara Bromo tidak lepas dari Probolinggo. Meski begitu, destinasi wisata yang bisa kamu nikmati di Probolinggo juga banyak. Destinasi wisata di Probolinggo misalnya mangrove di pesisir Selat Madura, Gili Ketapang, Air Terjun Madakaripura, dan Puncak B29. Yang jelas, biaya hidup di sini dijamin murah.

Dari sekian banyak destinasi di Indonesia, kota-kota di Pulau Jawa memang mendominasi untuk urusan biaya hidup murah. Jadi kalau kamu adalah traveler Jawa, tidak ada salahnya kamu mulai dari kota terdekatmu dulu sembari merencanakan perjalanan wisata yang lebih jauh dan kamu impikan.

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more