Godzilla, Iron Man, Jokowi, Hingga Setan Lokal Di Pameran

08 April 2019 | 11:19

Para penggila mainan di Jakarta dimanjakan lewat hadirnya  The Jakarta 15th Toys and Comic Fair 2019. Bertempat di Kartika Expo Balai Kartini Jakarta Selatan, event ini berlangsung pada 16-17 Maret 2019. Ini merupakan event tahunan pameran mainan dan komik terbesar di Indonesia. Pengunjungnya bahkan ditargetkan hingga 30 ribu orang.

Terdapat puluhan stand yang turut meramaikan pameran The Jakarta 15th Toys and Comic Fair 2019. Kebanyakan dari stand tersebut memamerkan koleksi-koleksi action figure hingga komik edisi terbatas. Kalau kamu adalah seorang pecinta mainan, berapa harga mainan termahal yang kamu punya? Lima puluh ribu, seratus ribu, atau satu juta rupiah? Ternyata harga itu masih kalah mahal, jika dibanding koleksi langka mainan The Jakarta 15th Toys and Comic Fair 2019.

Menurut wawancara Tempo Channel bersama inisiator event, Riza Satyagraha, harga sebuah mainan di Toys Fair bisa mencapai belasan juta rupiah. “Setiap genre mainan punya seri termahalnya. Koleksi Godzilla bisa mencapai 15 juta rupiah. Hulkbuster Iron Man juga 15 jutaan. Untuk koleksi robot Voltus juga bisa puluhan juta rupiah”, ujar Riza. Dengan harga mainan yang lumayan mahal, wajar jika pameran ini justru dipenuhi pria-pria dewasa, yang berduit. 

Dari tahun ke tahun koleksi Action figure super hero selalu mendominasi pameran. Namun pada tahun ini, muncul koleksi action figure dari dunia politik yang menyita perhatian pengunjung. Seperti misalnya action figure Jokowi, Prabowo, Sandiaga Uno, Ahok, hingga Gusdur. Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan action figure ini lewat kamera smartphone. Action figure antimainstream lainnya adalah Setan Lokal, yang menampilkan karakter-karakter yang dikenal di Indonesia. Seperti misalnya wewe gombel dan tuyul.

The Jakarta Toys and Comics Fair tidak hanya dimeriahkan pameran mainan tetapi juga dimeriahkan para pecinta cosplay. Beragam cosplay nampak dalam pameran, dari tokoh-tokoh anime hingga tokoh-tokoh superhero. Dalam event kali ini pengunjung juga berkesempatan melihat pertunjukan dari tokoh yang lagi hits, yakni Captain Marvel. Wah seru ya?!

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more