Jalan-Jalan Ke Taman Safari Dalam 1 Hari, Bisa Lihat Apa Aja

Indra Toni

30 July 2019 | 15:09

Untuk kamu yang tinggal di sekitaran Jabodetabek, pastinya sudah hafal dengan tempat-tempat rekreasi yang ada di Bogor. Terlebih lagi jika kita menyebut kawasan Taman Safari. Tempat ini menjadi destinasi favorit warga yang tinggal di sekitaran Kabupaten Bogor. 

Memasuki hari libur, tempat ini selalu dipadati pengunjung. Bukan hanya warga ibukota, pengunjung dari luar kota dan turis asing pun ikut menjejali Taman Safari Bogor.

Ketika ingin berkunjung ke kawasan Puncak, sebaiknya menyiapkan waktu ekstra. Buka tutup jalan tiap akhir pekan, jadi alasan waktu liburan kita bisa berubah. Agar mendapat pengalaman menarik, bagusnya kita bisa berangkat lebih pagi.

 

Menyiasati Taman Safari yang penuh pada akhir pekan, berikut ada beberapa cara menikmati semua wahana dalam satu hari dengan santai.

 

 

Istana Panda

Biasanya pengunjung mulai tiba di Taman Safari sekitar pukul 9 atau 10 pagi. Di waktu-waktu tersebut, jadi awal kepadatan di wahana paling depan. Sebaiknya kita mulai jelajah perdana ke Istana Panda yang jaraknya lebih jauh. Istana Panda di buka pukul 10 pagi tiap harinya. Pagi hari jadi kesempatan menarik karena belum banyak pengunjung yang datang kesini.

 

Untuk bisa ke Istana Panda, wisatawan akan dijemput oleh bus khusus. Setibanya di lokasi, kita akan disapa oleh 2 patung panda. Pemandangan pegunungan dengan udara sejuk jadi menambah keseruan jalan-jalan di istana Panda. Tempat ini adalah area tertinggi dari Taman Safari Bogor.

 

Yang ingin berswafoto, terdapat  lantai kaca yang menyediakan spot dengan latar belakang pegunungan. Ada banyak tempat swafoto yang instagramable banget disini.

 

Istana Panda terdiri dari 3 lantai, dimana lantai dasar dibuat untuk menjual souvenir dan restoran. Menginjak ke lantai 2, pengunjung akan diajak melihat film dokumenter kedatangan Hu Chun dan Cai Tao pertama kali di Indonesia. Bergeser ke lantai 3, kita dapat menikmati kelucuan kedua panda, Cai Tao dan Hu Chun.

 

Selain Panda, terdapat juga red panda yang bisa diajak berfoto bersama. Ada juga unta untuk yang bisa disewa di area bermain. Cukup meluangkan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling dan menikmati suasana Istana Panda.

 

 

Safari Waterpark & Dino Park

Menjelang siang, waterpark dan Dino Park di Taman Safari terbilang sepi. Kebanyakan wisatawan masih memadati Safari Journey yang ada di pintu depan kedatangan. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menikmati segarnya bermain air di Taman Safari.

 

Untuk masuk ke waterpark, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp. 20.000/ orang. Kita bisa main air sepuasnya tanpa berdesak-desakan. Keseruan lainnya yang dihadirkan Safari Water Park antara lain spot air mancur, perosotan, ember tumpah, dan kolam arus. Bagi pengunjung yang ingin berenang saja, ada satu kolam untuk dewasa dengan kedalaman 120 cm.

 

Safari Water Park juga memberikan pengalaman berenang yang unik. Pengunjung bisa berenang bersama buaya asli. Namun tak perlu khawatir soal keamanannya, pihak pengelola sudah mendesain dengan sekat kaca agar tidak kontak langsung dengan buaya.

 

Terdapat juga pemandian air pana yang terdiri dari 14 kamar privat. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50 ribu.

 

Terdapat restoran yang menyediakan makanan ketika kita lapar saat berenang. Bersebelahan dengan waterpark, buah hati kita bisa mencoba wahana di Dino Park. Patung-patung dinosaurus berjejer dengan dilengkapi wahana sepeda roda yang mirip di film Jurrasic Park. Memutari area bermain anak dari atas ketinggian, bisa menambah pengalaman menarik untuk si kecil.

 

 

Safari Journey & Feline Feeding Adventure

Area Safari Journey bisa dimasukkan ke jadwal terakhir ketika mengunjungi Taman Safari Bogor. Siang menjelang sore, adalah waktu terbaik untuk melihat hewan-hewan di alam bebas tanpa banyaknya mobil pengunjung yang antri. 

 

Tempat ini menjadi destinasi utama dari Taman Safari. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menikmati Safari Journey. Baiknya, kita sudah membeli wortel untuk diberikan kepada hewan pemakan tumbuhan. Bagi yang pertama kali ke Taman Safari, pastinya ada kesan yang menarik saat memberi makan hewan secara langsung di alam bebas.

 

Jangan lewatkan juga untuk wisatawan yang ingin mendapat petualangan lebih menantang. Pada jam-jam tertentu, diadakan Feline Feeding Adventure atau memberi makan singa di area hewan buas. Kita akan dikenakan biaya sekitar Rp. 250 ribu per orang agar bisa mencoba petualangan ini. Kegiatan memberi makan singa sudah dikenalkan sejak November 2018, namun masih banyak wisatawan yang belum mengetahuinya.

 

Wisatawan tak perlu kuatir, pihak pengelola menyiapkan kendaraan khusus untuk berkeliling di kandang singa. Satu kendaraan, biasanya hanya memperbolehkan maksimal 4-6 orang dewasa. Ini bisa jadi pengalaman menarik memberi makan singa secara langsung.

 

Dengan beberapa tips tadi, semoga perjalanan kita menjelajahi Taman Safari bisa dinikmati. Segera luangkan waktu dan sisihkan uang di akhir pekan ini.

 

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more