5 Resto Vegetarian Di Bali

09 May 2019 | 11:52

Diet dan gaya hidup vegetarianisme mulai diadopsi oleh banyak orang, baik untuk alasan kesehatan, kecantikan, agama atau filosofi, maupun etika. Kini, mulai banyak pula restoran atau rumah makan di Indonesia yang dengan khusus menawarkan alternatif bagi penganut diet ini. Namun, keberadaan restoran vegetarian belum sebanyak restoran pada umumnya. Terlebih lagi jika kita sedang berlibur dan tetap menjaga pola makan vegetarian.

Bagi yang suka berlibur ke Bali, tak perlu kuatir dengan ketersediaan restoran vegetarian di sini. Ada banyak restoran vegetarian Bali yang tersebar di seluruh pulau ini. Banyak dari restoran tersebut yang bukan hanya menawarkan menu vegetarian dan vegan, tapi juga arsitektur dan pemandangan alam indah.

Berikut 5 rekomendasi restoran vegan di Bali yang dapat Anda kunjungi. Yuk, cek satu-persatu.

Sakti Dining Room

Restoran yang didesain dengan penataan terbuka ini, memanjakan para pengunjung untuk menikmati pemandangan lembah selatan Sungai Ayung dan hutan tropis resort, sambil menikmati sajian makan malam vegan. Seluruh bangunan di restoran ini menggunakan bambu dan berkonsep eco-friendly. Sakti Dining Room merupakan salah satu fasilitas yang berada dalam Fivelements Bali yang menyajikan beragam menu nikmat untuk para vegan dan vegetarian. 

Banyak pengunjung memberikan review positif pada resto ini karena menu-menunya tak sekadar sehat dan bernutrisi, tapi juga lezat bahkan untuk mereka yang bukan vegan atau vegetarian sekalipun. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi dan mencicipi hidangan lezat disini, Anda bisa mengunjungi Sakti Dining Room yang terletak di daerah Mambal, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. 

Restoran ini buka mulai pukul 7 pagi- 10 malam. Setiap Jumat pertama tiap bulannya, ada penawaran khusus untuk menikmati hidangan chef dengan lima menu yang dibanderol Rp 575.000 per paket.
Zula Vegetarian Paradise

Zula adalah salah satu restoran vegetarian Bali yang telah cukup lama berdiri. Rumah makan ini menawarkan berbagai menu vegetarian yang dimasak menggunakan bahan-bahan organik yang diolah dengan cara profesional. Bahkan, karyawan restoran ini dengan hati-hati mencuci bahan-bahannya menggunakan air sumber dan batu garam. 

Selain itu, pihak restoran juga bekerja sama dengan petani-petani organik dan menjauhi GMO dan bahan-bahan yang terkontaminasi insektisida. Berbagai menu sarapan seperti pancake, mix granola, tahu orak-arik, dan salad buah dibanderol mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 75.000-an. Pada momen tertentu, restoran ini sering memberikan paket makan berdua sekitar Rp. 220.000 sampai Rp. 300.000.

Anda bisa mengunjungi Zula Vegetarian Paradise yang terletak di jalan Dyhana Pura No. 5, Seminyak. Restoran ini dibuka setiap hari mulai pukul 7 pagi – 11 malam.

Bodag Maliah

Bila Anda sedang mencari restoran vegan dengan menu organik yang sehat dan pemandangan alami, Warung Bodag Maliah bisa jadi pilihan tepat. Untuk menjangkau tempat ini, memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena Anda harus melewati area persawahan dengan jalan yang sempit. Namun rasa lelah yang dirasakan niscaya akan segera hilang ketika sampai dan menikmati hidangan lezat sambil melihat area persawahan yang hijau membentang.

Warung Bodag Maliah Ubud ini juga kerap mendapatkan sebutan lain, yakni Sari Organik. Sari Organik Ubud itu sebenarnya adalah sebuah organisasi yang menciptakan tanaman organik. Dan seperti yang Anda pikirkan, bahwa nama restorannya adalah Warung Bodag Maliah.

Warung Bodag Maliah Ubud benar-benar surganya para vegetarian. Bagaimana tidak, rasa dari sayuran yang ditanam secara organik benar-benar fresh di lidah. Menu makanan favorit yaitu crepes vegan dengan keju kedelai, ubi dengan ice cream atau salad tahu tempura.

Ketika hujan, suasana berubah menjadi romantis dengan latar belakang pemandangan sawah. Warung Bodag berada di Desa Buahan, Payangan, Bali. Dibuka pada pukul 8 pagi – 10 malam, dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari kisaran Rp25.000.

Bali GreenLife

Cara yang lebih baik untuk menikmati makanan nikmat adalah menyantap makanan sambil melihat matahari membentuk pola cahaya indah di langit? Di Bali ada restoran GreenLife yang menawarkan hidangan bagi vegetarian. Namun, tidak semua menu vegetarian, makanan lainnya seperti daging, juga tersedia di sini.

Greenlife memberikan beberapa pilihan vegan mentah yang bisa membuat selera Anda bertambah. Jenis makanan yang disajikan di sini bersifat multicultural, sehingga Anda dapat mengharapkan untuk menemukan lasagna sayuran mentah dan Thai hijau kari disajikan berdampingan.

Greenlife terletak di Jalan Raya Kedampang Nomor 99, Desa Kerobokan, Bali. Restoran ini buka dari jam 9 pagi – 9 malam. Untuk minuman, rata-rata dijual dengan harga Rp. 25.000-an. Sedangkan makanannya berkisar Rp. 35.000 hingga Rp. 60.000.

Earth Cafe

Restoran vegan satu ini tidak hanya menyajikan beragam menu sehat, tetapi juga menjual berbagai macam sayuran organik dan produk rumah tangga ramah lingkungan. Berdiri sejak tahun 2002, kini Earth Cafe telah memiliki 3 cabang yang berada di Ubud dan Seminyak.

Setiap menu yang ada serta bahan-bahan yang digunakan semuanya berasal dari petani lokal yang masih segar. Hal tersebut dilakukan karena visi dan dari Earth Cafe yang ingin mendukung komunitas petani di daerah setempat.

Bukan hanya lezat, semua menu yang disajikan di sini bebas dari kandungan pengawet, MSG serta bebas gluten. Menu yang disediakan meliputi smoothie bowls, pancake vegan, hingga pizza vegan. Harga makanan yang ditawarkan berkisar Rp. 39.000 – Rp. 95.000. Bagi yang ingin mengunjungi Earth Cafe ini, Anda bisa datang di jam 7 pagi – 10 malam. Untuk yang berada di ubud, restoran ini berada di jalan Goutama Selatan. Dan yang sedang liburan di daerah Seminyak, bisa datang ke Jalan Kayu Aya Seminyak.


Itulah lima rekomendasi restoran vegetarian di Bali yang bisa Anda coba kala berkunjung ke pulau ini. Selain kelima restoran tersebut, sebenarnya masih banyak tempat kuliner hijau yang menunggu Anda di Pulau Dewata. Segera atur waktu liburan dan sisihkan uang anda. Selamat mencoba…!!

Riset & Penulis: Indra Toni Setiawan

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more