4 Potensi Wisata Sekitar Festival Teluk Tomini

Romy

12 April 2019 | 15:00

Kegiatan pariwisata bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan dihelat pada April 2019. Pelaksanaan kegiataan itu bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah yang akan dipusatkan di Parigi.

Event tahunan yang di-backup langsung Kementerian Pariwisata RI itu, akan diawali dengan pemilihan Putra Putri Bahari 2019 pada tanggal 19 - 22 April. Kemudian lomba Fotografi Obyek Wisata pada 22 April 2019, Festival Musik Tradisional 19 - 21 April 2019, Festival Kuliner 19 - 22 April 2019 dan Tomini Feshion Carnival 22 April 2019.

Namun, selain event tahunan yang berlangsung di Parigi Mountong, ternyata daerah ini menyimpan potensi wisata alam yang sangat indah. Parigi Mountong menjadi tujuan wisatawan asing yang ingin melihat keasrian alam yang masioh terjaga. Nah... berikut 5 potensi wisata yang ada disekitar Festival Teluk Tomini.

Teluk Tomini

Teluk Tomini termasuk salah satu destinasi bahari yang dilirik dunia. Keindahan Teluk Tomini dibuktikan dengan tersebarnya 1.031 hektare kawasan terumbu karang dan 785,10 hektare hutan mangrove. Bahkan teluk seluas 6 juta hektare ini sedang didorong menjadi kawasan wisata laut terbesar di dunia oleh Kementerian Pariwisata.

Dengan letak geografis tersebut, Teluk Tomini adalah surga bagi penikmat wisata bawah laut. Ada ratusan titik selam yang masuk kategori kelas dunia. Disini terdapat terumbu jenis apollo, pinnaclemenara, dan barracuda, ikan warna warni dan lumba-lumba.

Dari Palu, ada banyak kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Jalur darat ini dijamin tidak membosankan, karena melewati daerah puncak yang terkenal dengan sebutan kebun kopi. Pemandangannya sangat indah dengan udara yang sejuk. Bila ingin menikmati perjalanan yang lebih berkesan, bisa memalui Provinsi Gorontalo dengan jalur laut.

Pantai Nalera

Pantai Nalera merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Marantale Kecamatan Ampibabo. Pantainya berpasir putih sangat cocok untuk mandi dan berjemur. Bila air surut maka akan terbentuk kolam yang dikelilingi oleh karang yang berwarna-warni.

Pantai ini berhadapan dengan gunung sehingga menambah keindahan keindahan Panorama alam pada waktu matahari terbit. Pantai ini berjarak 76 KM arah timur Kota Palu. Obyek Wisata ini berada di tepi Jalan Trans Sulawesi sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Pantai Tumpapa

Pantai tumpapa berada di desa Malakosa, kecamatan Balinggi. Pantai ini berjarak sekitar 150 km dan ditempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Palu. Untuk mencapai lokasi tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Diperjalanan kita akan melwati pegunungan kebun kopi yang masih asri dan menawan.

Suasana hutan bakau yang masih asri akan menyambut kita ketika memasuki lokasi pantai tersebut.

Selain itu, terdapat pula satwa-satwa liar yang hidup di sekitar hutan, seperti burung bangau, biawak, dan elang pantai. Saat tiba di lokasi para kita akan disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai dengan di tumbuhi pepohonan. Pohon-pohon yang tumbuh tersebut membuat daerah pesisir pantai menjadi teduh sehingga kita dapat bersantai dengan nyaman di bawahnya sambil menikmati pemandangan pantai.

Air lautnya yang begitu jernih menambah pesona dan godaan untuk berenang menikmati indahnya bawah laut. Oleh karena itu, pantai tumpapa dapat menjadi salah satu pilihan kunjungan anda jika melancong ke sulawesi tengah.

Pantai Kucing

Pantai kucing, tepatnya berada di Desa Marantale, kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata di wilayah terdekat, seperti dari Parigi dan Palu.

Sebelumnya pantai ini hanya sekedar pantai biasa tempat pembuangan kucing liar dengan pasir putih yang luas. Namun sejak dibangun resort dan dive center. Bila ingin menginap di resort ini anda cukup merogoh kocek sebesar 750 ribu rupiah per malam diluar makan. Biasanya pemilik penginapan bisa menyediakan makan siang dan makan malam dengan harga 30 ribu rupiah sekali makan.


Pemilik resort membangun dermaga dengan jembatan panjang menjorok ke pantai. Jembatan ini sangat membantu bagi para wisatawan yang akan snorkeling di sekitar pantai. Dermaga panjang ini sangat cocok untuk swafoto yang sangat instagrammable.

Untuk sampai di Pantai Kucing bisa sewa mobil dari Kota Palu dengan biaya sekitar 500 ribu rupiah. Perjalanan akan ditempuh selama 2 jam menyusuri pinggir pantai dan membelah bukit.

Selain untuk para tamu resort, pantai ini dibuka juga untuk umum. Para pengunjung harus membayar tiket 5 ribu rupiah satu orang. Namun bila resort ini sedang disewa oleh rombongan besar, pantai ini akan ditutup sementara. Pantai kucing menjadi destinasi bahari baru yang banyak memikat turis lokal dan mancanegara.

Tertarik kan untuk mengunjungi pantai-pantai di Parigi Mountong ketika Festival Teluk Tomini berlangsung. Segera luangkan waktu dan sisihkan uang agar perjalanan wisata kita tak terganggu dan memiliki kesan yang mendalam.

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more