Larangan Dan Etika Yang Berlaku Di Korea Selatan

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:36

Korea Selatan mejadi salah satu destinasi favorit para wisatawan dari Indonesia. Dan mungkin kamu juga adalah salah satunya. Fenomena K-Pop dan drama Korea sukses memancing traveler Indonesia untuk berlibur ke Korea. Hal itu karena banyak destinasi di Korea Selatan yang lahir berkat nebeng kesuksesan suatu drama serial. Kalau kamu belum sempat berlibur ke Korea Selatan, sebaiknya kamu memperhatikan larangan yang berlaku di Korea. Kamu tidak ingin kan dicap sebagai turis pembuat onar ketika berlibur di Korea?

 

Terdapat sedikit perbedaan antara larangan dan etika yang berlaku di Korea dengan Indonesia. Di Indonesia, mengobrol ramai-ramai di kereta mungkin masih dianggap biasa-biasa saja, namun di Korea, hal itu dianggap tidak terpuji. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa larangan yang berlaku di Korea Selatan.

 

Memamerkan Tato

Di Korea Selatan, memiliki tato di badan bukanlah hal yang melanggar hukum namun menjadi seniman tato justru dianggap pekerjaan ilegal. Untuk itu, sangat tidak lazim untuk warga Korea jika ada orang yang memamerkan tato di tubuhnya. Kalapun kamu berkeras memamerkan tato, kamu mungkin akan diperlakukan kurang ramah oleh warga lokal.

 

Bicara Terlalu Keras di Transportasi Umum

Adalah hal wajar ketika kamu kadang abai dengan orang sekitar ketika kamu ngobrol seru bersama teman. Namun saat kamu naik transportasi umum di Korea, baik itu bus atau subway, kamu sebaiknya menurunkan volume bicaramu. Orang Korea tidak segan-segan menurunkan kamu, jika dianggap terlalu berisik.

 

Menggunakan Kursi Prioritas

Tata krama penggunaan kursi prioritas pada transportasi umum di Korea tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Yang membedakannya adalah, di Indonesia, jika terdapat kursi prioritas yang masih kosong, penumpang bisa leluasa mendudukinya. Sementara di Korea Selatan, kursi prioritas hanya spesifik hanya diperuntukkan untuk anak-anak, difabel, ibu hamil, dan lansia. Jadi, apabila kamu bukan salah satu prioritas, jangan melanggar larangan ini ya. Jika memaksa, kamu akan menjadi pusat perhatian para penumpang. Yang lebih buruk lagi, mungkin kamu bakal diviralkan.

 

Berpakaian Terlalu Terbuka

Larangan ini kurang lebih ditujukan kepada perempuan. Berapakaian yang cenderung memperlihatkan bahu, punggung, atau belahan payu dara, dianggap tidak sopan. Karena itu, pastikan kamu membawa pakaian yang tepat saat berlibur ke Korea.

 

Menggunakan Sepatu di Dalam Rumah

Tata krama menghindari penggunaan sepatu di dalam rumah tidak hanya berlaku di Jepang  tetapi juga di Korea Selata. Jika suatu saat nanti kamu diundang ke rumah keluarga teman Korea kamu, jangan lupa lepas sepatu sebelum masuk. Biasanya, mereka juga menyiapkan alas kaki khusus di dalam rumah.

 

Memainkan Sumpit saat Makan

Tata krama makan saat berlibur ke Korea Selatan juga jangan dipandang remeh. Banyak hal yang tidak lazim ditemukan di budaya Indonesia. Seperti misalnya dilarang mendahului makan orang yang lebih tua ataupun menuangkan minuman untuk para senior. Dan yang disorot adalah saat menggunakan sumpit. Untuk orang yang biasa makan sendok bahkan tangan, seperti kebanyakan orang Indonesia, kita mungkin tidak biasa menggunakan sumpit. Sehingga kita asal menggunakannya. Di Korea, jika kamu menaruh sumpit ditancapkan ke nasi, hal itu dianggap tidak beretika. Kamu sebaiknya menidurkan sumpit dan menaruhnya di atas atau samping mangkok makan.

 

Merokok Sembarangan

Korea Selatan memiliki aturan ketat mengenai larangan merokok. Perokok tidak diizinkan untuk merokok di sebarang tempat, apalagi di tempat-tempat umum. Booth untuk merokok hanya disediakan terbatas. Jika melanggar, perokok bisa dikenai sanksi denda. Sebenarnya, pemberlakukan larangan merokok di tempat umum hampir meningkat dari waktu ke waktu di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Jadi kalau kamu ingin ke Korea Selatan, sebaiknya stop merokok sekarang juga!

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more