Makin Susah Tersesat Dengan Fitur Baru Google Maps

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:16

Tidak semua orang dianugrahi kemampuan navigasi yang baik. Padahal, kemampuan ini sangat penting terlebih ketika memutuskan untuk traveling. Kamu tidak ingin kan tersesat ketika berada di kota besar atau mungkin ketika traveling di negara tertentu? Jadi bersyurkurlah karena era saat ini kita dimanjakan dengan kehadiran aplikasi peta digital seperti misalnya Google Maps ataupun Waze.

 

Menariknya, aplikasi peta digital ini terus berkembang dan semain memudahkan penggunanya. Beberapa bulan belakangan ini, Google Maps tengah menguji coba fitur baru untuk pengguna tertentu. Fitur ini memanfaatkan teknologi augmented reality (AR), teknologi yang mampu menggabungkan proyeksi benda maya dalam lingkungan nyata secara realtime. Jika kalian pernah main Pokemon Go!, seperti itulah kurang lebih fitur AR di google ini, kebayang kan?

 

Meskipun belum bisa diakses secara umum, Tim Tempo Channel berkesempatan menguji coba fitur AR Google Maps ini. Dan sekaligus memperkenalkan fitur ini kepada kamu yang suka traveling. Fitur AR Google Maps ini akan sangat berguna terutama bagi kamu yang punya bakat gampang tersesat.

 

Cara penggunaan fitur ini sebenarnya tidak sulit. Setelah menentukan arah tujuan di Google Maps, kamu tinggal menekan tanda “Start AR”. Lalu kamu akan diminta mengarahkan kamera belakang smartphone ke lingkungan sekitar. Google Maps kemudian menjalankan program pengenalan lokasi. Jangan berhenti mengarahkan kamera jika proses belum selesai. Ketika proses selesai kamu akan diberikan gambar peutunjuk arah secara realtime setiap mengarahkan smartphone ke jalanan. Jadi kamu tinggal mengikuti tanda panah tanpa harus bingung membedakan utara-selatan.

 

Kamu akan mendapat peringatan jika kamu memakai fitur AR Google Maps sambi berjalan. Perigatan itu akan meminta kamu menurunkan smartphone saat berjalan agar tetap aman. Layarpun akan mati dengan sendirinya jika kamu terus menggunakan fitur AR sambil berjalan.

 

Selama tim Tempo Channel menguji coba fitur AR Google Maps ini, ada beberapa hal yang perlu dipastikan. Hal itu antara lain: akurasi GPS, kestabilan jaringan provider, dan spesifikasi smartphone. Agar petunjuk arahnya akurat, dibutuhkan akurasi GPS untuk melacak posisi lokasi kita berdiri dengan tepat agar tidak membuat kita semakin nyasar. Karena tampilan yang diberikan secara realtime, tentu butuh jaringan yang stabil untuk pengiriman tangkapan kamera smartphone. Saat ujicoba, spesifikasi smartphone yang digunakan memiliki RAM 3 GB dengan chipset Exynos 7880 dan GPU Mali-T830MP3. Dan pengaktifan fitur AR ini membuat smartphone panas.

 

Dengan adanya fitur AR Google Maps ini, sebenarnya semakin menyulitkan kamu untuk tersesat, asalkan pembacaan GPS kamu akurat. Setiap kamu mulai merasa bingung harus ke kanan atau kiri, kamu bisa memanfaatkan fitur AR. Kamu juga akan sedikit menikmati perjalanan dengan adanya animasi petunjuk arah ini, yakin deh!

 

Agar kamu lebih akrab lagi dengan fitur AR Google Maps, kamu bisa cek videonya di website atau youtube Tempo Channel. Semoga dalam waktu dekat fitur AR ini bisa dicoba untuk umum dan bisa dijalankan di smartphone berspesifikasi rendah.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more