4 Spot Surfing Kelas Dunia Di Lampung 2019

Dian Tempo

23 July 2019 | 11:57

Provinsi Lampung patut bangga memiliki alam yang indah, terlebih lagi dengan pesona wisata baharinya. Gelaran selancar tingkat dunia kembali diadakan di sini. Tepatnya, di kabupaten Pesisir Barat pada 15 – 20 April 2019 dengan tajuk Krui World Surfing League 2019. Kementerian Pariwisata juga memasukan event tersebut ke dalam kalender wisata nasional.

 

Mungkin banyak yang belum mengenal kawasan Krui. Daerah ini memiliki pantai-pantai yang cantik dan berpotensial menjadi wisata bahari baru. Berada di garis Samudera Hindia, ombak laut Krui memiliki ketinggian yang baik untuk olahraga selancar.

 

Selain itu, banyak tempat menarik lain yang ada di krui dan wajib dijelajahi. Mau tahu mana saja itu, simak ulasan berikut ini.

 

 

Pantai Labuhan Jukung

Pantai Labuhan Jukung terletak di Desa Pekon Kampung Jawa, Pesisir Tengah. Pantai ini termasuk salah satu aset milik pemerintah daerah pesisir barat dengan luas kurang lebih 12 hektar. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat pantai ini mudah dijangkau oleh para wisatawan. Bagi peselancar pemula bisa belajar di Pantai Labuhan Jukung karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

 

Selain bermain air dan ombak di Pantai Labuhan Jukung, wisatawan dapat menyewa sepeda menyusuri sepanjang garis pantai berpasir putih yang cukup menawan. Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke pantai ini. Sore hari adalah waktu yang tepat menikmati matahari terbenam di Pantai Labuhan Jukung.

 

 

Pantai Tanjung Setia

Bagi yang pernah lewat jalur Lintas Barat Sumatera dan melewati Pesisir Barat, pasti pernah melihat Pantai Tanjung Setia. Jika dari Bandar Lampung, wisatawan harus menempuh 7-8 jam perjalanan darat. Sebenarnya ada Bandara Muhammad Taufiq Kiemas. Namun, bandara tersebut belum aktif lagi secara komersial sejak beberapa tahun ini.

 

Pantai Tanjung Setia memiliki ombak yang sedang tinggi. Ombak dapat mencapai 6-7 meter pada bulan-bulan tertentu. Para peselancar lokal dan dunia sering berkunjung ke Pantai Tanjung Setia. Selain ombaknya yang menantang, sunset di pantai ini sangat menawan. Pantai Tanjung Setia selalu menjadi lokasi diselenggarakannya Krui World Surfing.

 

 

Ekowisata Pemerihan

Siapa yang tidak kenal gajah Lampung? Ternyata gajah Lampung bukan hanya ada di Taman Nasional Way Kambas tapi juga ada di Pesisir Lampung Barat. Wisatawan dapat melihat gajah terlatih di Ekowisata Pemerihan.

Di tempat ini, wisatawan bisa menunggang gajah ditemani pawangnya berkeliling taman nasional. Hutan alam di sini masih terjaga dengan baik. Aroma kesejukan dan udara segar bisa dirasakan selama berada di Ekowisata Pemerihan.

Untuk menikmati Ekowisata Pemerihan, wisatawan akan dikenakan tiket masuk 10 ribu rupiah. Adapun jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

 

Pulau Pisang (Banana Island)

Pulau Pisang merupakan salah satu wisata pulau yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Luasnya sekitar 2.300 hektar yang dihuni oleh 6 desa. Untuk mencapai Pulau Pisang, ditempuh perjalanan darat dari Bandar Lampung sekitar 7 jam. Kemudian dilanjutkan menggunakan perahu dari Krui sekitar 1 jam.

 

Di Pulau Pisang pengunjung dapat menikmati Lumba-lumba seperti di Teluk Kiluan. Lumba-lumba ini biasanya dapat dilihat pada jam 6-8 pagi. Pantai di sini terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Air lautnya pun jernih dengan ombak cukup bersahabat untuk berenang.

 

Pulau Pisang memiliki wisata sejarah berupa sekolah dasar peninggalan Belanda. Ada juga kapal laut yang terdampar, serta rumah panggung yang umurnya ratusan tahun. Selama di Pulau Pisang, pengunjung dapat menyewa motor penduduk setempat. Terdapat guest house yang dikelola warga untuk wisatawan yang ingin menginap. 

 

 

Tertarik kan berlibur ke Kabupaten Pesisir Barat sambil menikmati Krui World Surfing League 2019. Segera luangkan waktu dan sisihkan uang agar perjalanan wisata kita tak terganggu dan memiliki kesan yang mendalam.

 

 

Penulis : Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more