Tips Beli Tiket Pesawat Murah

06 May 2019 | 13:56

Di awal Tahun 2019, para traveler yang biasa menggunakan pesawat mengeluhkan tarif tiket pesawat yang naik signifikan. Kenaikan harga tiket ini khususnya terjadi pada rute-rute penerbangan dalam negeri. Jadi belakangan ini, harga tiket dari Jakarta ke Malaysia atau Singapura malah lebih murah dibanding ke Bali. Nah, mengingat harga tiket pesawat masih belum turun drastis, mungkinkah mendapat tiket dengan harga lebih murah? Jawabannya mungkin banget.

 

Tempo Channel merangkum beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapat tiket pesawat murah. Meskipun tidak sampai bikin kamu naik pesawat gratis, paling tidak kamu bisa menghemat biaya perjalanan hingga ratusan ribu rupiah.

 

Rajin Mengunjungi Travel Fair

Kalau tips satu ini sih sudah hampir jadi  rahasia umum. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan saat travel fair selalu ramai, yang artinya ada banyak traveler yang telah mengincar event travel fair. Travel fair menjadi incaran karena traveler bisa mengetahui tawaran diskon travel terkini. Ada banyak travel fair yang berlangsung sepanjang 2019 ini. Dan menawarkan diskon hingga puluhan persen.

 

Daftar jadi Member Maskapai

Dengan mendaftar sebagai member maskapai, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapat tiket pesawat murah. Maskapai biasanya rajin memberikan info/ diskon biaya penerbangan terbaru kepada para pelanggannya yang terdaftar sebagai member. Beberapa maskapai telah menyediakan program loyalty points, seperti misalnya Air Asia, Citilink, dan Garuda. Point tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potongan biaya tiket atau privilege tertentu.

 

Hindari Membeli Tiket Mendadak

Kamu sangat tidak disarankan untuk membeli tiket terlalu mepet karena sudah hampir pasti harga tiketnya akan lebih mahal. Jadi sempatkan waktu kamu untuk merencanakan waktu liburan yang pas, berbulan-bulan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memantau pergerakan harga tiket pesawat. Meski disarankan memberi tiket jauh-jauh hari, bukan berarti mesti beli tiket setahun sebelumnya ya. Karena membeli tiket terlalu dini juga tidak menjamin dapat tiket pesawat yang lebih murah.

 

Manfaatkan Diskon dari Online Travel Agent

Kamu sebaiknya memasang aplikasi dari Online Travel Agent (OTA) di smartphone, seperti misalnya tiket.com, traveloka, agoda, booking.com, dan sebagainya untuk menigkatkan peluang mendapat tiket pesawat murah. Masing-masing OTA biasanya memberikan penawaran diskon yang beragam untuk pelanggannya. Kamu bisa dengan mudah membandingkan diskon yang ditawarkan masing-masing OTA hanya hanya dengan mengakses aplikasi mereka. Kamu bisa menghemat hingga ratusan ribu rupiah hanya dengan membeli tiket lewat OTA. Belakangan, market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli juga menyediakan layanan pembelian tiket pesawat loh, sehingga kemungkinan varian diskonnya jadi lebih besar.

 

Pilih Keberangkatan saat Larut

Mungkin masih banyak yang belum menyadari kalau melakukan perjalanan saat larut malam akan lebih murah. Tapi faktanya memang demikian. Beberapa penerbangan low cost carrier menyediakan tiket pesawat yang lebih murah saat malam mendekati dini hari. Harganya bisa beda hingga ratusan ribu rupiah dibanding harga tiket dalam kurun waktu biasanya. Memang kelemahan dari tips ini adalah kamu sampai di destinasi saat dini hari. Jadi pastikan destinasi yang kamu tuju memiliki layanan akses transportasi hingga 24 jam.

 

Dari sekian banyak tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa mencobanya salah satu atau mungkin mengkombinasikannya. Dengan begitu, dijamin kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah dari biasanya.

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more