Restoran Trio, Gudangnya Masakan Enak Khas Kanton

Dian Tempo

23 July 2019 | 11:47

Sekilas tak ada yang istimewa dari tempat ini. Hanya bangunan tua bercat hijau dengan atap seng yang masih terlihat. Ya... ini lah Restoran Trio yang berada di Jalan RP. Soeroso No 29 A. Bagi kalian yang menganggap tempat makan ini hanya bangunan lapuk, anda salah besar. Restoran Trio adalah salah satu kuliner legendaris di Jakarta sejak zaman Belanda. Dibangun pada tahun 1947 oleh Lam Khai Tjioe yang migrasi ke Batavia, tempat makan Chinese food ini menjadi yang terbaik.

 

Masuk kedalam, tampak peralatan seperti meja dan kursi tua berjejer rapi. Hiasan dinding yang ada di tiap sudutnya, merupakan bentuk asli dari pertama kali Restoran Trio berdiri. Ketika pengunjung duduk, tersedia 200-an menu makanan khas daratan Cina. Menu yang jarang ditemui di restoran lain, bisa di pesan di sini.

 

Untuk harga, bisa dikategorikan diatas rata-rata jika dibandingkan dengan bentuk bangunan ini. Restoran Trio lebih banyak mengenalkan jenis makanan Kanton. Menu makanan paling murah berkisar 40 ribu, dan yang paling mahal sampai 2 jutaan. Pengunjung tak perlu kuatir, karena rasa makanan yang disajikan sebanding dengan biaya yang kita bayar.

Restoran Trio kini dijalankan oleh generasi kedua. Lam Hong Kie alias Effendy Sumartono, merupakan keturunan Lam Khai Tjioe yang mewarisi resep masakan keluarganya. Pria 77 tahun ini banyak bercerita tentang banyaknya pejabat negara serta pengusaha yang telah menjadi langganan di Restoran Trio.  Keluarga Cendana, Ali Sadikin sampai Agum Gumelar, adalah beberapa pejabat tanah air yang sering memesan makanan dan dimasak langsung oleh sang pemilik resto.

 

Effendy dikenal sangat ramah oleh para pengunjung restoran. Ia selalu berkeliling dan menyapa pelanggan yang telah dikenalnya. Tak jarang, pemilik restoran ini menceritakan sejarah Restoran Trio di kawasan Menteng era 50an. Panjangnya usia restoran itu berjejak pada pembauran dalam menu. Sampai sekarang, Restoran Trio bukan hanya dikunjungi oleh orang-orang tua saja, namun anak-anak dan remaja juga banyak datang ke sini.

 

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more