Mau Tahu Masjid-Masjid Unik Di Sumatera?

16 July 2019 | 14:41

Provinsi Lampung dan Sumatera Barat dikenal dengan mayoritas penduduk muslimnya. Bangunan ibadah banyak terbangun di propinsi ini. Tapi, apakah kalian tahu jika kedua daerah ini ternyata memiliki 4 masjid unik yang bisa bikin kamu suka. Cobalah mampir ke sini.



Di Padang terdapat Masjid Raya Sumatera Barat yang mampu bertahan dari guncangan gempa hingga 10 magnitudo. Biaya pembangunan masjid ini juga cukup fantastis, yaitu menghabiskan anggaran sampai 350 miliar rupiah. Awal pendirian masjid ini melibatkan ratusan arsitek yang mengikuti sayembara dari dalam dan luar negeri.



Kemudian di daerah Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Di sini terdapat Masjid Ishlah Pariangan yang terdapat di tengah-tengah desa di kaki Gunung Merapi. Sebuah travel blog asal Amerika bahkan menyebut jika kawasan ini sebagai desa terindah di dunia. Cikal bakal orang minang kabarnya berasal dari sini. Masjid yang telah berusia ratusan tahun ini, masih dipertahankan keasliannya dan telah menjadi cagar budaya serta wisata budaya di Provinsi Sumatera Barat.



Lalu, ada Masjid As Shobur Asmaul Husnah di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Rumah ibadah ini salah satu masjid tanpa kubah yang unik dan telah menjadi ikon Tulang Bawang Barat sejak 2016. Kawasan masjid dilengkapi 114 tiang (sesuai dengan jumlah surat dalam Al Quran), yang lengkap dengan kaligrafi arab. Yang membuat Masjid As Shobur Asmaul Husnah semakin unik adalah adanya kaligrafi Asmaul Husnah pada langit-langitnya. Kaligrafi Asmaul Husnah ini bisa menyala saat malam. Inilah alasan mengapa masjid ini juga dijuluki Masjid 99 Cahaya Asmaul Husnah. Selain itu, adapula 99 lubang di puncak menara. Lubuang ini akan mengantarkan sinar matahari masuk ke dalam masjid. Sehingga pada saat matahari berada di posisi tertentu, 99 cahaya yang masuk lewat lubang menara akan terlihat saat siang hari. Kawasan ini sekarang jadi magnet bagi warga untuk berekreasi.



Yang terakhir adalah Masjid Terapung Al-Aminah. Masjid ini berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Bandar Lampung. Keunikan masjid ini terbukti memikat banyak wisatawan, karena posisinya yang benar-benar terapung di lautan. Sejak pemerintah setempat meresmikan Masjid Terapung Al-Aminah sebagai objek wisata pada 2015. Kawasan wisata Pantai Sari Ringgung menjadi semakin ramai dikunjungi wisatawan. Karena selain berwisata pantai, mereka juga bisa sekaligus wisata religi.

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more