Restoran Chinese Food Legendaris Di Chinatown Jakarta

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:40

Kamu tergila-gila dengan chinese food? Jika kamu ingin mencoba cita rasa chinese food yang otentik, tidak perlu sampai ke China kok. Tempo Channel mengajak kamu untuk mengunjungi restoran chinese food legendaris di kawasan Glodok, Jakarta. Restoran ini disebut legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1925 dan masih eksis hingga kini.

 

Restoran chinese food ini bernama Restoran Wong Fu Kie, yang beralamat di Perniagaan Timur II no. 22 Jakarta Barat tidak jauh dari kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Tapi jangan harap kamu bisa menemukannya dengan mudah di pinggir jalan, karena kamu harus nyelip ke dalam gang terlebih dahulu. Dari lokasinya, sulit mengatakan kalau restoran ini strategis. Tetapi asal kamu tahu, restoran ini memiliki pelanggan setia yang khatam dengan lokasinya. Untuk yang baru pertama kali berkunjung ke Wong Fu Kie, kamu bisa cari BCA Perniagaan Timur II di Google Maps sebagai patokan. Dari situ kamu tinggal masuk lorong yang ada plang bertuliskan Wong Fu Kie beserta peta jalannya.

 

Bangunan Wong Fu Kie lebih mirip rumah dibanding restoran, lengkap dengan pagar layaknya sebuah garasi. Suasananya memang dipertahankan layaknya suasana makan di rumah. Jadi sepintas dari luar tidak seperti restoran kebanyakan. Tapi biasanya akan ada pramusaji yang menyapa ketika kamu kebingungan, yang kebetulan sedeang ada di dapur. Yups, dapurnya terletak di pintu masuk restoran.

 

Restoran Wong Fu Kie merupakan restoran chinese food yang spesial menyajikan cita rasa Hakka. Hakka merupakan nama salah satu suku yang berasal dari China. Dan tentu saja pemilik restoran berasal dari suku Hakka. Generasi ketiga pengelola restoran Wong Fu Kie, Tjokro Indrawirawan menuturkan bahwa restoran ini bermula dari kedai bakmi. Sampai saat ini, cita rasa bakmi masih dipertahankan Tjokro.

 

Bakmi Wong Fu Kie menjadi spesial karena penyajiannya yang di”mun”, artinya bakmi yang disajikan tidak kering tapi juga tidak basah. Tempo Channel berkesempatan mencicipi menu bakmi Mun Kiaw Mien. Bakmi ini berisi sayur, pangsit, dan pilihan isi ayam, babi, atau seafood. Bakmie ini mendapat rating tinggi oleh food blogger spesial bakmi, Tirta Lie. Selain varian menu bakmi, adapula varian menu ayam, sapi, seafood, babi, belut, hingga kodok.

 

Pada daftar menu yang disajikan, tidak tertera harga per porsinya. Namun porsinya bisa kamu sesuaikan. Mulai dari small, medium, hingga large. Harga menu berkisar Rp 60.000 sampai Rp 150.000. Dari pengalaman porsi yang dicoba tim Tempo Channel, porsi small cukup untuk kamu yang makan hanya sendiri. Untuk masalah rasa, kamu bisa nilai sendiri dengan berkunjung langsung ke restorannya. Jadi untuk kamu yang ingin coba chinese food dengan cita rasa yang khas, bisa coba berkunjung ke Wong Fu Kie.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more