Enaknya Es Krim Ragusa

25 May 2019 | 12:00

Siapa yang tak suka es krim? Cemilan satu ini menjadi favorit oleh semua kalangan. Di Jakarta, panganan yang terbuat dari susu sapi ini, sudah diperjualbelikan sejak tahun 1932. Tepatnya, es krim Ragusa di Jalan Veteran 1 yang berada dekat Monas dan Stasiun Gambir. Pada masa itu, es krim ini mulai mendapat peminatnya.

 

Ragusa didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Mereka datang ke Batavia pada tahun 1930-an untuk belajar menjahit di daerah Jakarta Pusat.  Setelah lulus, mereka pergi ke Bandung dan bertemu dengan seorang wanita Eropa pemilik peternakan sapi. Dua saudara ini sering mendapat banyak susu sapi, dan kemudian dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan es krim Italia. Dibantu tiga orang saudara laki-laki lainnya,  keduanya mendirikan gerai es krim Ragusa pertamanya di Jalan Pos yang sekarang bernama Jalan Naripan, Kota Bandung.

 

 

Beberapa tahun kemudian mereka pindah ke Batavia. Berjalannya waktu, kedai kecil ini dihibahkan oleh dua saudara itu kepada Sias Mawarni dan suaminya Buntoro Kurniawan (Yo Boen Kong) tahun 1977. Ayah Sias yang mengajarkan Luigiee dan Vincenzo menjahit, membuat ketiga punya ikatan persaudaraan yang kuat.

 

Yang menarik dari Ragusa ialah aroma susu yang kental dan bangunan tua. Dua hal itu membawa pengunjung ke Indonesia tempo dulu saat duduk di kedai es krim Ragusa. Mesin pembuat es krim pun terpajang di belakang kedai tersebut, gambar es krim dan foto keluarga Luigi dan Vincenzo pun masih terpajang rapi di kedai tersebut. Rasa es krim klasik di Ragusa jelas berbeda dengan es krim di tempat lain. Semua es krim diproduksi sendiri dengan resep turun-menurun.

 

Es krim Italia yang dibandrol dengan harga mulai Rp 15.000 - Rp 35.000 itu tidak pernah naik dari masa ke masa. Rasanya pun beragam mulai dari coklat, vanila, mocca, strowberi, nougat, durian, rum raisin, banana split, paghetti, Cassata dan Tutti Fruti. Jam buka es krim Ragusa dari jam 09.30 WIB sampai jam 23.00 WIB setiap Senin sampai Minggu.

Liputan: Indra Toni Setiawan

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more