Intip Megahnya Masjid 350 Miliar Di Kota Padang

Dian Tempo

23 July 2019 | 11:48

Berencana berlibur ke Kota Padang? Jika iya, maka wajib masukkan Masjid Raya Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata. Pasalnya, masjid yang berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara itu merupakan masjid terbesar dan termegah di Sumatera Barat. Masjid ini dikenal dengan nama lain Masjid Mahligai Minang dan ikon Kota Padang.

 

Masjid Raya Sumatera Barat dibangun pada Desember 2007 dengan biaya 350 miliar rupiah lebih dengan luas 40.343 meter persegi. Pada saat perencanaan tempat ibadah ini melibatkan 323 arsitek dari berbagai negara yang disayembarakan. Adapun pemenangnya adalah Rizal Muslimin yang memiliki desain bangunan anti gempa sampai 10 magnitudo. Hal itu dikarenakan karena Propinsi Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi.

 

Uniknya, Masjid Raya Sumatera Barat tak memiliki kubah, melainkan hanya atap khas budaya Minangkabau. Bagian atapnya seperti Rumah Gadang dengan empat sudut lancip, sedangkan bangunannya berbentuk gonjong. Banyak yang mengatakan bahwa atap masjid sebenarnya menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad, ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekah berselisih pendapat mengenai siapa yang berhak memindahkan batu tersebut ke tempat semula setelah ka'bah selesai direnovasi.

 

Masjid Raya Sumatera Barat sendiri terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat wudhu dan tempat tambahan jika lantai utama sudah penuh jamaah. Kemudian lantai dua adalah ruang utama untuk beribadah. Sedangkan lantai tiga juga difungsikan untuk sholat dan tempat istirahat jika pengunjung sepi. Total jemaah yang bisa ditampung di masjid ini mencapai 6 ribu orang.

 

Sementara itu, interior masjid pada bagian mihrabnya dibuat menyerupai bentuk Hajar Aswad dengan atapnya yang dihiasi ukiran Asma'ul Husna berwarna keemasan di sebuah latar berwarna putih. Kemudian, bagian lantai dilengkapi karpet permadani berwarna merah yang digunakan sebagai sajadah, dan merupakan hadiah dari Pemerintah Turki.

 

Kini, desain Masjid Raya Sumatera Barat akan dikembangkan menjadi Islamic center di Sumatera Barat. Selain itu, kawasan lain diberdayakan sebagai destinasi wisata baru di Kota Padang. Banyak masyarakat Sumatera Barat, maupun wisatawan di luar Sumatera Barat yang mengabadikan foto di depan Masjid Raya Sumatera Barat karena keunikan dan kemegahan nya.

 

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more