Rahasia Di Balik Gado-Gado Legendaris Di Jakarta

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:42

Traveler yang sedang mampir ke Jakarta hendaknya menyempatkan diri untuk berpetualang kuliner. Jakarta memiliki beberapa kuliner legendaris yang sudah berdiri selama puluhan tahun lamanya. Salah satu kuliner legendaris di Jakarta bisa ditemukan di restoran Gado-gado Bon Bin di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Meski kuliner gado-gado sangat mudah ditemukan di Jakarta, namun restoran Gado-gado Bon Bin adalah yang paling legendaris. Hal itu karena Gado-gado Bon Bin sudah berdiri sejak 1960 dan masih memiliki banyak peminat. Tempo Channel pun berkunjung ke restoran ini untuk mengungkap rahasia di balik eksistensinya yang sudah lebih dari setengah abad.

 

Beralamat lengkap di Jalan Cikini IV no. 5 Jakarta Pusat, Gado-gado Bon Bin diapit beberapa restoran serupa. Jika memerhatikan umurnya, mungkin dibayangan kamu restoran ini sudah cukup besar dan mewah, namun nyatanya tidak demikian. Justru restoran gado-gado pesaingnya lebih mentereng dibanding Gado-gado Bon Bin. Penanda yang paling khas justru bukan pada bangunannya, melainkan pada antrean pengunjungnya ketika jam makan siang. Baik pelanggan maupun ojek online rela antre untuk mendapatkan Gado-Gado Bon Bin.

 

Restoran Gado-gado Bon Bin didirikan oleh Lani Wijaya pada Tahun 1960. Menu awalnya justru bukanlah gado-gado tetapi minuman cendol. Saat ini, restoran dikelola bersama oleh generasi kedua keluarga Wijaya, yang mana Hadi Lingga Wijaya menjadi penanggung jawab pengelolaan restoran. Meski sudah berusia lanjut, bersama saudaranya, dia masih aktif meladeni langsung ratusan pelanggannya dengan cekatan. Namun Hadi menuturkan belum berencana mewariskan restoran kepada generasi ketiga, karena belum ada yang berminat.

 

Gado-gado Bon Bin memang cukup unik. Komposisi dan porsinya dipertahankan sama dari waktu ke waktu. Tidak heran kalau restoran ini memiliki pelanggan yang setia. Tekstur saus kacangnya sangat halus, dengan tingkat kekentalan yang pas, benar-benar layaknya saus. Sayurnya terdiri dari kacang panjang, kecambah, mentimun, tahu dan kentang. Cara penyajiannya pun unik, potongan sayur justru ditata paling awal di piring, sedangkan lontongnya baru ditambahkan di akhir sebelum disiram saus kacang.

 

Harga Gado-gado Bon Bin per porsinya terbagi menjadi tiga jenis. Jika kamu makan gado-gado saja maka harga per porsinya Rp 37.500, jika ditambah lontong menjadi Rp 39.600, sedangkan jika kamu makan pakai nasi harganya menjadi Rp 44.000. Harga ini tentu di atas harga gado-gado yang kamu temukan di jalanan. Tapi percayalah, meski dengan harga segitu, pelanggannya tidak pernah surut. Ini adalah bukti dari keberhasilan pewarisnya yang menjaga originalitas bumbunya.

 

Hadi menuturkan bahwa Gado-gado Bon Bin memiliki cita rasa khas dibanding gado-gado lainnya. Ia yakin kalau cita rasanya tidak akan berubah meski zaman terus berganti. Semua itu karena bahan-bahan yang ia gunakan selalu dipilih secara seksama. Kemudian yang paling berbeda adalah saus kacangnya. Saus kacangnya dibuat dari kacang yang kulit arinya telah dibuang terlebih dahulu. Kemudian adonan yang sudah dihaluskan dimasak hingga berminyak. Inilah yang menjadi rahasia bumbu saus kacang siram Gado-gado Bon Bin yang legendaris.

 

Meski nama restorannya hanya terkesan menjual nama gado-gado, sebenarnya ada beberapa menu lain yang tersedia di sini seperti asinan dan bakmi yang juga diminati banyak pelanggan. Minuman yang tersedia pun sangat menyegarkan seperti es kelapa muda dan kopyor. Jadi kalau kamu merasa porsi gado-gadonya masih belum mengenyangkan, kamu bisa mencoba menu lain dari salah satu restoran legendaris di Jakarta ini. Restoran Gado-gado Bon Bin secara konsisten buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more