4 Bulan Ditutup, Pendakian Gunung Semeru Dibuka 12 Mei 2019

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:42

Setelah ditutup sejak awal Januari 2019 lalu, jalur pendakian ke Gunung Semeru kembali dibuka pada 12 Mei 2019. Hal ini berarti para pendaki bisa kembali menikmati keindahan gunung tertinggi di Jawa tersebut. Pemberlakuan dibukanya kembali jalur pendakian disampaikan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Kenedie.

 

Jalur pendakian kembali dibuka setelah mempertimbangkan kondisi cuaca. Pantauan sejak Maret hingga April 2019, intensitas hujan di kawasan Semeru telah turun sehingga relatif aman untuk para pendaki. Meski demikian, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak merekomendasikan untuk mendaki hingga puncak Gunung Semeru. Pendakian yang direkomendasikan hanya sampai pos Kalimati di ketinggian 2.700 mdpl.

 

Selain itu, para pendaki tetap dihimbau untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku demi menjaga keselamatan dan keberlangsungan ekologi kawasan Semeru. Termasuk juga tidak membuang sampah sembarangan dan menggunakan jalur pendakian Semeru yang resmi.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more