Mudik? Jangan Lewatkan Objek Wisata Semarang Ini!

17 May 2019 | 12:00

Mudik menjadi momen tahunan yang selalu dinanti para perantau. Nah, apakah kamu salah satunya? Bagi kamu yang mudik dari Jakarta hingga Solo ataupun Pasuruan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan mudik sembari berwisata. Bosen banget kan kalau mudik mesti gitu-gitu aja? Karena ada banyak destinasi wisata yang akan kamu lalui. Salah satunya adalah destinasi-destinasi wisata di Semarang. Tempo Channel merangkum beberapa objek wisata Semarang yang bisa jadi alternatif destinasi wisata kamu saat mudik.

 

Masjid Agung Jawa Tengah

Mengunjungi masjid saat mudik yang masih kental dengan nuansa religi bisa jadi pilihan destinasi wisata kamu. Berlokasi di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid kebanggan Semarang. Masjid ini memiliki desain yang menawan, megah, dan meneduhkan. Desainnya bergaya campuran Jawa, Islam dan Romawi. Jadi selain bisa beribadah dengan nyaman, kamu juga bisa menikmati keindahan masjid yang instagramable banget.

 

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan kawasan tebing-tebing di Semarang yang sekilas mirip dengan Grand Canyon. Tebing-tebing Brown Canyon terbentuk dari aktivitas tambang batu dan pasir yang kini terbengkalai. Meski kering dan berdebu ketika musim panas, kawasan Brown Canyon kian tersohor karena sangat diminati sebagai spot foto. Banyak traveler telah mengambil foto di sini. Tidak hanya itu, kawasan tebing ini juga tidak luput dari lokasi pra wedding. Tempat ini memang cukup menantang, karena harus melewati jalanan tanah, berbatu, dan berdebu. Jadi pastikan kamu menggunakan kendaraan pribadi yang lebih tangguh. Tapi ketika kamu melihat hasil jepretan para traveler di lokasi ini, kamu tidak akan kecewa. Brown Canyon berlokasi di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

 

Klenteng Sam Poo Kong

Destinasi di Semarang ini akan menjadi destinasi yang anti mainstream saat mudik. Klenteng Sam Poo Kong diyakini sebagai tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho, Laksamana keturunan China yang memeluk agama Islam. Kawasan klenteng cukup luas dan tepat untuk menjadi destinasi wisata keluarga. Kalau kamu mengambil foto di Klenteng Sam Poo Kong, dengan sudut yang pas, kamu akan terlihat seperti sedang liburan ke luar negeri. Hal itu karena jarang ada yang tahu kalau klenteng sebesar ini terdapat di Indonesia, khususnya Semarang.  Klenteng Sam Poo Kong beralamat di Jalan Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang.

 

Kota Lama Semarang

Layaknya Kota Tua di Jakarta, Semarang juga memiliki kawasan legendaris yang bernama Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang merupakan bekas pusat perdagangan sekitar abad ke-19. Total luas kawasan ini kurang lebih 30-an hektar. Kota Lama menghadirkan bangunan-banguan tua bergaya Eropa. Menjadi bukti peninggalan masa kolonialisme Belanda. Dilihat dari kondisi geografinya, tampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga Kota Lama Semarang juga mendapat julukan "Little Netherland". Deretan bangunan-bangunan masa lampau ini akan kamu temui di sekitar Jalan Letjen Suprapto, Kota Semarang.

 

Lawang Sewu

Meski Lawang Sewu jadi objek wisata Semarang yang sudah mainstream, tapi destinasi ini tetap instagramable banget. Di mana lagi kamu bisa menemukan bangunan yang memiliki banyak pintu seperti di Lawang Sewu? Jika kamu mau berkeliling lebih lama, sudah pasti ada banyak angle foto yang bisa kamu dapatkan. Lokasinya ada di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang.

 

Umbul Sidomukti

Kawasan wisata Umbul Sidomukti menjadi destinasi wisata Semarang yang sedikit berbeda dari destinasi di atas karena letaknya yang berada di dataran tinggi, tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang. Posisinya yang berada 1200 mdpl membuat suasana di sini sangat sejuk. Kawasan wisata Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata yang cukup luas dan dilengkapi kolam renang susun. Destinasi ini juga bagus untuk menyaksikan matahari terbit ataupun terbenam.

 

Jadi kalau kamu mau mudik kali ini sedikit berbeda, tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu sembari berwisata, terutama sambil mengunjungi objek wisata di Semarang. Selamat traveling.

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more