Masjid Peninggalan Kejayaan Bangsa Melayu Di Sumatera Utara

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:46

Jika suatu hari kamu melalui rute penghubung antara Medan dan Aceh, mampirlah sejenak di Kabupaten Langkat. Hal itu karena Langkat memiliki masjid bersejarah yang sudah berdiri sejak Tahun 1902, yang bernama Masjid Azizi. Masjid Azizi merupakan bukti dari peninggalan kejayaan Bangsa Melayu –Kesultanan Langkat- dalam penyebaran Agama Islam di Sumatera Utara.

 

Masjid Azizi beralamat di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kec. Tanjung Pura, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Saat tim Tempo Channel mengunjungi Masjid bersejarah ini, desainnya memang cukup unik. Masjid Azizi memiliki banyak kubah dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti berbentuk parabola dan  piramida. Interior desainnya pun seperti perpaduan Timur Tengah dan India, namun dalam balutan warna hijau dan kuning yang mendominasi. Selain banyak banyak ditemukan kaligrafi Arab, Masjid Azizi juga dihiasi marmer yang menawan.

 

Masjid yang diresmikan Sultan Abdul Aziz ini menjadi bukti masa kejayaan Kesultanan Langkat karena banyak memiliki interior mewah. Sejak mulai dibangun pada penghujung 1800-an, bahan bangunan didatangkan langsung dari berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Turki. Arsitek masjid pun disebut-sebut berasal dari Eropa. Dulu, Masjid Azizi sangat tersohor di kalangan bangsa Melayu. Saking terkenalnya, Masjid Azizi menjadi rujukan pembangunan salah satu masjid tua di Malaysia, yakni Masjid Zahir.

 

Masjid Azizi sebenarnya berdiri di kompleks Kesultanan Langkat, kompleks yang telah luluh lantah akibat gejolak sosial di masa lalu. Letaknya pun bersebelahan dengan makam keluarga Kesultanan Langkat. Jadi selain beribadah di masjid, kawasan ini juga dikunjungi para peziarah.

 

Uniknya desain dan sejarah Masjid Azizi inipun layak kamu pertimbangkan untuk masuk detinasi wisata religi saat mampir di Kabupaten Langkat.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more