Destinasi Wisata Seru Dan Unik Di Pasuruan, Jawa Timur

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:46

Pada 2019, Pasuruan di Jawa Timur menjadi rute paling ujung dari tol Trans-Jawa. Jika kamu berencana traveling hingga melewati ujung tol ini, kamu bisa mempertimbangkan beberapa destinasi wisata di Pasuruan, Jawa Timur. Karena meski lebih dikenal sebagai salah satu pintu masuk menuju kawasan wisata Bromo Tengger Semeru, bukan berarti Pasuruan tidak memiliki destinasi wisata yang layak kamu kunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata Pasuran yang telah dirangkum Tempo Channel.

 

Candi Jawi

Candi Jawi terletak di kaki Gunung Welirang,  Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi ini diduga peninggalan masa pemerintahan Kertanegara, penguasa  terakhir Kerajaan Singasari. Dulunya Candi Jawi berfungsi sebagai tempat beribadah masyarakat yang beragama Siwa-Buddha. Candi yang dulunya sudah runtuh ini kembali dibangun dan disempurnakan pada Tahun 1975. Namun sejumlah arca Siwa yang diyakini ada di dalamnya, sudah tidak ditemukan di reruntuhan candi. Taman di Candi Jawi cukup tertata sehingga sangat pas buat kamu yang suka narsis saat traveling. Ornamen-ornamen candi yang unik pun patut kamu dokumentasikan.

 

Air Terjun Putuk Truno Prigen

Bagi kamu yang lebih gemar berbasah-basahan, bisa mengunjungi air terjun Putuk Truno Prigen. Air terjun ini berlokasi di Desa PecalukanKecamatan PrigenKabupaten Pasuruan, yang masih dalam kawasan kaki gunung Welirang dan Arjuno. Air terjun Putuk Truno Prigen bisa dicapai dengan mudah dari lokasi parkir sehingga medannya tidaklah cukup sulit. Akses jalannya pun tidak terjal dan ekstrim, sehingga cocok menjadi destinasi wisata keluarga. Jika kamu tidak ingin mandi dan sekadar menikmati sejuknya kawasan air terjun, kamu bisa bersantai dari titik lokasi yang telah dipasang pagar dan tempat duduk.

 

Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Destinasi wisata yang tidak boleh luput ketika traveling di Pasuruan adalah Pemandian Banyu Biru, yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Pasuruan. Pemandian ini menjadi unik karena kamu bisa berenang sepuasnya bersama kumpulan ikan yang berada di dalam kolam. Pemandian Banyu Biru bukanlah destinasi wisata baru, tapi sudah dikenal sejak zaman penajajahan Belanda. Destinasi wisata air ini dulunya dikenal sebagai Telaga Wilis. Jadi untuk kamu yang ingin menikmati jernihnya kolam Pemandian Banyu Biru, kamu bisa langsung meluncur ke Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

 

Taman Safari Indonesia 2 Prigen

Yups, destinasi ini masih satu grup dengan Taman Safari Indonesia yang ada di Bogor. Taman Safari 2 Prigen ini menjadi taman safari yang paling luas di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 350 hektar. Kamu bisa puas banget menjelajahi taman safari berkonsep alam bebas ini. Kamu bisa mengajak keluarga untuk menyaksikan berbagai satwa yang sudah jarang terlihat dalam keseharian kita. Taman Safari Indonesia 2 ini beralamat di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

 

Saygon Water Park

Saygon Water Park berlokasi di Desa Sengon, Kecamatam Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Saygon Water Park sudah menjadi wahana air populer di Pasuruan dan pas untuk menjadi destinasi wisata keluarga. Selain memiliki banyak wahana permainan air, kawasan Saygon Park juga telah tersedia beberapa pilihan penginapan dengan berbagai harga.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more