Keunikan Masjid Di Riau Yang Berusia Lebih Dari 100 Tahun

09 July 2019 | 11:59

Jangan lewatkan berkunjung ke Masjid Jami Air Tiris ketika traveling ke Provinsi Riau. Hal itu karena masjid ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Yang bikin kagum adalah bangunannya masih dipertahankan keasliannya hingga kini. Tempo Channel pun berkesempatan mengajak kamu mengenal salah satu masjid tertua di Bumi Lancang Kuning ini.

 

Masjid Jami Air Tiris berada di Desa Tanjung Barulak, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Lokasinya bisa dicapai sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru. Masjid yang dibangun sejak 1901 ini bergaya rumah panggung. Masjid dibuat berbetuk panggung karena dulunya kawasan berdirinya masjid rawan banjir, akibar luapan Sungai Kampar. Selain berbentuk rumah panggung, desainnya juga mengadopsi Masjid Demak. Jadi Masjid Air Tiris tidak beratapkan kubah melainkan atap bersusun.

 

Bagian bangunan yang paling mencolok adalah dominasi material kayu di masjid ini. Mulai dari tiang, langit-langit, hingga lantai menggunakan material kayu. Tiangnya yang berjumlah 40 pilar pun terbuat dari kayu dan bentuknya masih dipertahankan hingga kini, termasuk kaligrafi pada 2 tiang yang berbunyi “Basmallah” dan “Bismillahhirrahmanirrahim”. Konon, Masjid Jami Air Tiris dibangun tanpa menggunakan besi, jadi murni menggunakan bahan kayu.

 

Masjid Jami Air Tiris diklaim sebagai masjid pertama di Kampar. Pembangunan masjid diprakarsai oleh Engku Mudo Songkal yang melibatkan partisipasi seluruh warga saat itu. Atas partisipasi warga setempat itulah, terbentuk kepanitiaan pembangunan yang disebut Ninik Mamak Nan Dua Belas. Kepanitian ini mewakili suku-suku di sekitar Kampar pada kala itu. Rampungnya pembangunan masjid ditandai dengan penyembelihan 10 ekor kerbau.

 

Di bagian luar masjid, terdapat batu besar yang terendam. Ini bukan batu biasa loh, bentuknya yang mirip kepala kerbau itu dianggap keramat oleh warga setempat. Mereka pun sengaja membiarkan batu yang dipercaya sudah ada sejak Masjid Jami Air Tiris berdiri. Air rendamannya pun dianggap memiliki nilai magis.

 

Saking bersejarahnya keberadaan Masjid Jami Air Tiris, pemerintah kemudian menetapkannya sebagai salah satu cagar budaya sejak Tahun 1995. Gimana, sayang banget kan kalau melewatkan kesempatan mengunjungi masjid tua di Riau ini?

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more