Review Jujur: Sewa Sepeda Lewat Aplikasi Gowes

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:50

Ketika malam perayaan ulang tahun Jakarta akhir Juni 2019 kemarin, warga di ibukota cukup antusias dengan kehadiran sepeda dan otopet di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Apalagi sewanya gratis. Syaratnya adalah pengguna harus mengunduh aplikasi Gowes di App Store atau Google Play Store. Gowes adalah jasa penyewaan sepeda dan otopet, yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kalau lagi malas jalan kaki tapi ingin menelusuri trotoar di Jakarta, idealnya kamu bisa menggunakan jasa Gowes ini. Nah tim Tempo Channel pun menjajal layanan aplikasi Gowes ini pada awal Juli 2019 dan membagikan ceritanya buat kamu.

Saat kamu mulai membuka aplikasi Gowes, aplikasi akan mengaktifkan layanan GPS dan bluetooth di smartphone. Dan nanti akan terlihat lokasi-lokasi parkir tempat penyewaan sepeda atapun otopet. Khusus untuk otopet listriknya, akan terlihat keterangan sisa batereinya di layar. Berdasarkan aplikasi Gowes, lokasi penyewaan tersebar di sekitar GBK, Bundaran HI, hingga Monas.

Saat tim Tempo Channel mencoba ke lokasi parkir di sekitar Bundaran HI -sesuai yang tertera di aplikasi- ternyata tidak nampak tanda-tanda otopet dan sepeda Gowes. Karena masih penasaran menjajal sepeda atau otopetnya, tim Tempo Channel kemudian menuju Monas. Berdasarkan aplikasinya, terdapat banyak sepeda yang tersebar di kawasan Monas.

Penyewaan sepeda Gowes di Monas tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun yang memprihatinkan, kondisi sepeda Gowes di Monas ternyata sudah banyak yang usang. Ada yang gemboknya rusak, setang berkarat, hingga jok sepeda yang lepas. Pada saat tim Tempo Channel menghubungi operator karena aplikasi yang error, ternyata nomor operatornya pun tidak terdaftar. Mengingat hal ini, kamu mungkin jangan berekspektasi terlalu tinggi dengan penyewaan sepeda Gowes di Monas. Tetapi jika beruntung, kamu bisa menemukan sepeda Gowes yang masih layak pakai.

Jika sepeda yang disewakan dalam kondisi baik, sebenarnya sistem penyewaaannya sangat mudah dilakukan. Kamu tinggal scan barcode yang ada di bawah jok sepeda hingga penguncinya terlepas. Lalu tinggal pakai deh. Dan jika sudah selesai, kamu tinggal mengembalikannya ke lokasi parkir kemudian menguncinya kembali.

Jadi tips untuk menggunakan aplikasi Gowes di Jakarta adalah cobalah menuju lokasi-lokasi parkir yang tersedia di aplikasi. Untuk kawasan Monas, penyewaan tidak akan dikenakan biaya. Sementara untuk di kawasan lainnya, seperti GBK Gowes dikenakan tarif beragam. Sehingga pastikan kamu isi saldo sebelum mencoba Gowes. Isi ulangnya bisa menggunakan bank transfer.

Meski sepeda Gowes sudah tersebar di beberapa titik wisata di Jakarta, sepertinya kamu harus sedikit bersabar jika ingin menggunakannya dalam waktu dekat. Mengingat aplikasi yang belum stabil, layanan operator belum maksimal, serta beberpa kondisi sepeda yang sudah tidak layak pakai. Hm….kalau di daerah kamu, jasa penyewaan sepeda dan otopet ala Gowes sudah tersedia belum?
 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more