Kuntum Farmfield: Berlibur, Belajar Dan Bermain Di Bogor

Dian Tempo

23 July 2019 | 10:41

Libur akhir pekan memang paling pas dihabiskan bersama keluarga. Bagi yang tinggal dekat Kota Bogor, bisa mencoba agrowisata Kuntum Farmfield di daerah Tajur.

Kuntum Farmfield, terletak di dalam kawasan Kuntum Nurseries, Jalan Raya Tajur No. 291, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju tempat ini, bila mengendarai mobil pribadi tak jauh dari pintu tol Ciawi-Jagorawi, kurang lebih 60 kilometer dari Jakarta dengan waktu tempuh paling lama 2 jam saat jalan lancar tanpa macet. Keluar pintu tol, langsung mengarah ke Jalan Raya Tajur, Desa Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur.

 

Jam operasional mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Adapun tiket masuk saat hari kerja Rp 50.000 per orang, dan hari libur Rp. 60.000, kalian bisa merasakan jadi petani dan peternak dalam sehari. Apa saja kegiatan asyik yang ada di sini? Pengelola Kuntum Farmfield menyediakan sejumlah fasilitas dan arena, di antaranya :

 

  1. Memberi minum susu pada kambing

Dengan membeli susu di kasir seharga Rp 5.000 per botol, setiap wisatawan dapat memberikan susu kepada kambing yang ada di dalam kandang. Arahkan botol susu, kambing-kambing akan menghampiri dan ngedot botol susu pemberianmu.

 

  1. Memberi Makan Kelinci

Terdapat 2 kandang kelinci berukuran luas di tempat ini. Para wisatawan, terutama anak-anak bisa masuk dan memberi makanan rumput atau wortel yang bisa dibeli di kasir yang tersedia. Kelinci-kelinci akan berkerumun menikmati makanan yang kamu bawa.

 

  1. Memberi Rumput Sapi dan Kuda

Ada beberapa kandang sapi dan satu wilayah berkuda yang ada di sini. Setiap harinya telah disiapkan rumput-rumput di samping kandang untuk diberi makan secara langsung dari jarak dekat. Anak-anak bisa mencobanya dengan didampingi orang tua.

 

  1. Main dengan Bebek. Angsa, burung dan ayam

Semuanya jinak, melihat binatang-binatang tersebut berada di kolam air dan berkeliaran bebas seperti berada di alam bebas yang menentramkan pikiran. Bagi kalian yang berani, bisa masuk kedalam kandang dan berinteraksi langsung dengan unggas-unggas tersebut.

 

  1. Menangkap Ikan di Kolam

Di sini para pengunjung yang didominasi anak-anak dan keluarga bisa turun ke kolam kecil yang nantinya akan ditaruh ikan. Kita bisa bermain  menangkap ikan yang seru. Lebih asik lagi jika nyemplung ke kolam bersama teman-teman.

Selain itu, kegiatan bercocok tanam juga tak kalah menarik minat bagi wisatawan. Kalian bisa menikmati pengalaman langsung menanam padi atau bibit tanaman sayur mayur di kebun dan sawah yang tersedia. Selain itu, kamu juga dapat membeli bibit tanaman bunga, juga hasil sayur mayur, telur, dan rempah-rempah untuk dibawa pulang ke rumah.

Sambil liburan, pengetahuan mengenai agrikultur pun akan bertambah. Di Kuntum Farmfield kita dapat belajar mengenai pembudidayaan tanaman hias dan perkebunan, pembuatan pupuk kompos dan pelatihan agribisnis.

Dikelilingi kolam ikan, bangunan artistik, dan pepohonan akan menambah ketenangan selama berlibur disini. Tersedia pendopo bagi pengunjung untuk beristirahat dan piknik berkumpul bersama keluarga.

Tak perlu khawatir, di kawasan Kuntum Nurseries juga terdapat kedai dan restoran. Fasilitas seperti toilet dan lahan parkir juga tersedia baik di sini. Bagaimana referensi wisata edukasi kali ini, semoga kalian bisa mencobanya ya di akhir pekan ini.

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more