Pesona Raja Ampat Mini Di Ulu Kasok Riau

Indra Toni

24 July 2019 | 11:27

Riau, provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning, yang terletak di bagian tengah Pulau Sumatera. Sebuah daerah yang berlimpah akan kekayaan alam, juga keberagaman adat tradisi, khususnya melayu. Di era orde baru, Riau dinobatkan sebagai produsen minyak dalam negeri terbesar, karena menyumbang 70 persen produksi minyak nasional.

 

Bukan hanya sumber daya alam yang melimpah, Riau juga menyimpan sejumlah potensi wisata yang layak dijual. Wisata bahari berupa pantai, serta wisata budaya, hingga kini masih terjaga dan hidup dalam denyut nadi kehidupan masyarakatnya.

 

Salah satu wisata alam di Riau yang patut dijelajahi adalah kawasan alam Ulu Kasok. Ulu kasok adalah sebuah danau air tawar yang berada di Kabupaten Kampar, tepatnya Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Dibutuhkan waktu 2,7 jam perjalanan darat atau 90 kilometer dari Pekanbaru.

 

Kawasan ini sebenarnya merupakan sumber pembangkit listrik tenaga air. Danau ini dahulu adalah sebuah perkampungan yang ditenggelamkan untuk pembangunan PLTA tahun 1991. Ditengah danau, pulau-pulau kecil tersebar. Memandang hamparan danau dan pulau-pulau ini, mengingatkan pada panorama dan keindahan Raja Ampat, Papua yang pesonanya sudah tersohor hingga mancanegara.

 

Ada tiga atraksi yang ditawarkan di Ulu Kasok yaitu air terjun, wisata pulau dan puncak Ulu Kasok. Dan yang tempat favorit dan selalu ramai dikejar wisatawan adalah berfoto di Puncak Ulu Kasok dengan latar hamparan pulau-pulau kecil.

 

Pagi hari kawasan Ulu kasok begitu indah. Kabut tipis menyelubungi sebagian pulau-pulau kecil, yang dipenuhi pepohonan rimbun nan hijau. Banyak pengunjung singgah di kawasan ini saat menjelang sore, untuk mengabadikan keindahan senja di puncak Ulu Kasok.

 

Untuk menuju puncak dan menikmati eksotisme dan keindahan hamparan danau Ulu Kasok, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 500 meter, dimana kondisi jalan sedikit menanjak. Namun, jika pengunjung ingin cepat sampai di puncak, bisa menggunakan jasa ojek yang siap mengantar pulang-balik. Di puncak ini telah tersedia beberapa spot foto yang cantik seperti ayunan dan rumah pohon.

 

Untuk bisa masuk ke kawasan ini, pengunjung cukup membeli tiket masuk sebesar Rp 10 ribu. Dan jika ingin berkeliling ke pulau-pulau di Ulu Kasok, pengunjung dikenakan biaya Rp 15 ribu. Bila ingin memancing di danau, bisa juga lho. Pengelola di sini menyediakan perahu yang siap mengantar pengunjung ke pulau manapun.

 

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com 

 

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more