Gasing: Permainan Tradisional Lintas Generasi

Erdy Kusuma

30 July 2019 | 16:52

Gempuran berbagai game (digital) beberapa tahun ini ternyata tidak menyurutkan popularitas permainan tradisional gasing di Provinsi Riau. Daerah yang juga dikenal dengan sebutan bumi lancang kuning ini masih melestarikan permainan gasing lewat kompetisi yang digelar rutin. Tempo Channel mengunjungi Kecamatan Rengat Barat, kabupaten Indragiri Hulu, untuk menyaksikan secara langsung keseruan permainan yang mengandalkan keseimbangan ini.

 

Di Kecamatan Rengat Barat, gasing menjadi permainan rakyat yang tidak hanya digemari anak-anak tetapi juga orang dewasa. Orang dewasa umumnya bermain gasing pada malam hari. Pesona putaran gasing dianggap sebagai hiburan pelepas penat, usai bekerja seharian. Mereka bisa memainkan gasing karena telah diajarkan secara turun-temurun, dari generasi ke generasi.

 

Gasing umumnya dibuat berdasarkan kreasi masing-masing pemainnya. Pemilihan jenis kayu sangat mempengaruhi kualitas gasing. Kayu yang umum digunakan berasal dari kayu pinis, nangka, ataupun manggis. Beberapa di antaranya juga membuat gasing dengan serius untuk ikut serta dalam kompetisi rutin. Baik secara individu maupun berkelompok.

 

Terdapat dua jenis permainan gasing yang populer di Riau. Yang pertama adalah permainan gasing uri. Aturan permainan gasing uri dinilai dari seberapa lama gasing dapat berputar. Gasing yang paling lama bertahan akan keluar sebagai pemenang. Jenis permainan gasing yang kedua adalah permainan gasing pangkah. Pada permainan gasing pangkah, peserta saling mengadu kekuatan gasing mereka dengan dibenturkan. Gasing yang paling kuat bertahan adalah pemenangnya. 

 

Sebenarnya, permainan tradisional gasing tidak hanya ada di Riau. Di Indonesia, gasing dikenal hampir di semua daerah. Di Lampung, gasing dikenal dengan nama pukang. Sementara Masyarakat Kalimantan Timur menyebut gasing dengan nama, bagasing. Di Jawa Barat disebut panggal. Di Jawa Timur disebut kekehan. Sedangkan di Maluku dinamai, Apiong. Dan masih banyak lagi istilah gasing di berbagai daerah. Kalau di daerahmu gasing dikenal dengan sebutan apa?

 

Meskipun telah dikenal di berbagai daerah, tentu tidak banyak daerah yang melestarikan permainan tradisional gasing seperti di Riau, dengan gelaran kompetisi rutinnya. Namun terlepas dari itu gasing dianggap menyimpan filosofi kehidupan. Agar dapat berputar lebih lama, gasing harus seimbang. Hal ini dianggap sebagai simbolis untuk menjaga keseimbangan dalam menjalani kehidupan.

 

 

Erdy Kusuma
www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more