Batasi Foto Di Kabin Pesawat, Di Sini Justru Bebas Swafoto

Indra Toni

24 July 2019 | 12:42

Larangan foto dalam kabin pesawat Garuda Indonesia jadi trending topic minggu lalu di media sosial. Youtuber yang juga menjadi penumpang bisnis class, Rius Vernandes dilaporkan pihak serikat karyawan Garuda Indonesia atas tindakan tidak menyenangkan dan mengganggu pelayanan publik. Namun, karena banyaknya protes dari masyarakat, beberapa hari kemudian pelarangan tersebut berubah menjadi himbauan.

 

Namun, setelah peristiwa ini bergulir di media sosial dan media massa, pihak  Garuda Indonesia dan Rius Vernandes akhirnya berdamai. Dari mediasi tersebut, Rius diminta mereview fasilitas yang tersedia di Garuda Indonesia. Dan maskapai plat merah ini juga mengundang media dan youtuber lain untuk mencoba pelayanan Garuda Indonesia.

 

Dari peristiwa antara Garuda Indonesia dan Rius Vernandes, muncul banyak surat edaran dari perusahaan dan pelaku usaha tentang swafoto yang boleh dilakukan oleh konsumen. Pertama kali menyita perhatian adalah foto kontes yang digelar oleh Air Asia.

 

Sebagai sesama pelaku usaha di dunia penerbangan, Air Asia membuat aturan yang bertentangan dengan Garuda Indonesia tentang swafoto. Maskapai berbiaya murah ini justru membuat kontes foto bagi penumpang ketika berada dalam kabin. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan rute baru dan menarik calon-calon penumpang Air Asia. Bagi pemenang foto kontes ini akan mendapat tiket perjalanan gratis ke Lombok dan Labuan Bajo.

 

Kemudian unggahan foto putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. Di akun Twitter miliknya @kaesangp, ia mengunggah pengumuman berisi larangan kegiatan yang dilakukan di toko Sang Pisang miliknya, salah satunya larangan berfoto.

 

Ada salah satu butir pengumuman yang berisi larangan pengunjung untuk berfoto di toko tanpa membeli apapun. Selain larangan foto, Kaesang Pangarep juga membuat larangan bermuatan lelucon lainnya. Mulai dari larangan bagi pembeli menggoda kru outlet hingga membeli Sang Pisang dalam jumlah sedikit.

 

Pengumuman yang dibuat oleh Kaesang Pangarep ini disebut-sebut menyindir larangan foto yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia. surat edaran tersebut sontak dibanjiri beragam komentar lucu dari warganet.

 

Setelah Air Asia dan Kaesang Pangarep, unggahan lucu lainnya datang dari Grab Indonesia. Penyedia jasa online ini menggalakkan kampanye untuk berswafoto bersama mitra Grabcar. Salah satu isi yang menggelitik adalah himbauan, jangan mendokumentasikan sesuatu ketika naik Grab Bike, apalagi sambil ajak drivernya bikin TikTok.

 

Indra Toni Setiawan

www.tempochannel.com

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more