Menembus Gumuk Pasir Jogja

Romy

21 December 2018 | 18:21

Wisata Jeep saat ini masih menjadi wisata primadona bagi wisatawan yang datang di Jogja.

Salah satu wisata Jeep yang bias Anda nikmati adalah jelajah Gumuk Pasir dari Kebun Buah Mangunan hingga berakhir di Air Terjun Jurang Pulosari, yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini.

Pagi, sembari menunggu keberangkatan Jeep, Anda bias menikmati keindahan balutan kabut awan yang tebal bergerak perlahan di langit tebing bukit yang dikenal dengan julukan Negeri di AtasAwan ini. Perjalanan wisata Jeep pun dimulai menuju Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di sekitar Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, tepatnya berada di sepanjang muara Sungai Opak, yang luasnya sekitar dua kilometer.

Dalam perjalanan menuju Gumuk Pasir, Anda bias menikmati keindahan pepohonan cemara dari atas Jeep yang Anda tumpangi. Memasuki kawasan Gumuk Pasir, dari atas Jeep, Anda dapat pula melihat genangan air yang membentuk seperti rawa-rawa, menaiki bukit pasir lalu menerobos lorong pepohonan, dan menikmati embusan angin di bibir pantai.

Anda akan diajak berhenti sejenak untuk memandangi hamparan pasir, sesekali berfoto dengan latar Jeep. Jika memilih jalur perdesaan, berinteraksi dengan aktivitas warga sekitar Parangtritis dan bisa singgah ke berbagai tempat yang memiliki kisah-kisah menarik.

Di Gumuk Pasir ini bisa dinikmati serunya berseluncur di atas bukit-bukit pasir dengan menggunakan papan seluncur. Selain itu, bagi yang suka berfoto, di tempat wisata ini banyak spot dan tempat menarik yang dapat Anda jadikan tempat berfoto.

Salah satunya adalah pohon kaktus yang berada di tengah hamparan pasir yang luas. Di salah satu tempat di GumukPasir, terdapat pula sebuah ayunan yang digunakan untuk duduk bersantai dan tentu saja lokasi tepat berswafoto.

Perjalanan berlanjut ke Jurang Pulosari. Untuk menuju tempat ini, bakal sedikit memicu adrenalin Anda di atas Jeepkarena jalannya yang lumayan terjal dan berkelok-kelok.Tapi Anda juga bias menikmati semilir angin dari deretan hutan jati yang terdapat di kanan-kiri jalan hingga tiba di DesaWisata Krebet.

Dari sana, Jeep akan langsung mengarah ke Curug Pulosari. Untuk menuju Air Terjun Pulosari ini, Jeep hanya bias sampai di tempat parkir saja. Dari sana, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Sesuai dengan namanya Jurang Pulosari, air terjun ini letaknya di bawah jurang. Untuk menuju air terjun Pulosari cukup seru, lebih dulu harus menuruni sebuah jurang, menyelusuri hutan jati, menyeberangi sungai, dan akhirnya sampai di Air Terjun Pulosari. Kelelahan akan terbayar sampai tempat yang indah ini.

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more