Hanif Dhakiri Bersepeda Downhill Jalur Puncak Pass

Dian Tempo

08 May 2019 | 11:32

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyalurkan hobinya bersepeda downhill di Puncak Pass, Bogor. Pagi cerah hari itu terasa semakin indah bagi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Salah seorang menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo ini, jika biasanya sibuk bersiap untuk kegiatan harian di kementerian yang dipimpinnya atau rapat kabinet dengan Presiden Jokowi atau kegiatan protokoler lain, namun pagi itu ia punya waktu bersantai lepas dari rutinitasnya.

Ia akan menjajal olah raga ekstrim yang menjadi hobinya. Hanif Dhakiri, 46 tahun asal Semarang Jawa Tengah ini akan bersepeda downhill menyusuri jalur single track di Puncak Pass- Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat.

Saat ditemui tim Tempo Channel di rumahnya di Kawasan Komplek Menteri Widya Chandra Jakarta, sekitar pukul 06.00, ia sudah bersiap berangkat bersama rombongan menuju lokasi.

Sepanjang jalan menuju starting point Puncak Pass yang memakan waktu sekitar enam jam dari rumah dinasnya itu, bapak dua anak ini bercerita ringan soal hobinya berolah raga ekstrim, selain bernyanyi tentunya.

Di temani Marifah, istrinya yang setia menyertainya, Hanif tak henti tertawa sambil bercerita beragam aktivitasnya. Setelah melewati jalan berliku dengan pemandangan indah kebun teh di kanan kiri, tibalah rombongan di puncak pass Bogor.

Tiba di pos 1, sejenak Hanif melakukan pemanasan, mengenakan baju olahraga setelan abu abu, tampak serasi di padankan dengan kacamata hitam dan helm sepeda warna orange putih kesukaannya.

Bersama sekitar 10 pesepeda lain yang menyertainya, seusai berdoa dan selfie bersama Hanif pun menggowes sepeda gunung jenis downhill hitam-nya. Track yang menurun menyusuri jalanan berbatu sedikit licin di tengah hijaunya kebun teh, ia lahap dengan mulus.

Tak jarang ia menuntun sepedanya saat melewati turunan tajam yang curam, dan saat melewati rawa dan menyusuri sungai kecil. Setelah hampir satu jam perjalanan, sejenak ia istirahat menikmati udara segar dan indahnya pemandangan kebun teh, sambil bercanda dengan teman pesepeda lainnya.

Menjelang finish, Hanif dan rombongan mulai keluar jalan tanah, ia melewati jalanan aspal menuju pusat pengolahan teh gunung mas. Sepanjang jalan Hanif menyapa ramah warga atau pesepeda lain yang ia temui.

Hanif Dhakiri kemudian istirahat sejenak di lingkungan pabrik pengolahan teh Gunung Mas, sambil bercengkerama, ia menikmati teh manis dan kudapan pisang goreng, sebelum melanjutkan ke track berikutnya menuju jalur Taman Safari Indonesia.

Menteri Tenaga Kerja ini nampak gembira menyalurkan hobinya.

Liputan: Indra Toni Setiawan & Rosito

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more