Laut Terbelah Di Pulau Dodola

Romy

21 December 2018 | 18:41

Di Pulau Dodola saat surut, bisa menyaksikan keajaiban laut yang terbelah. Keindahan kepulauan di Indonesia tak kan habis diceritakan.

Salah satunya, Pulau Dodola yang terbagi menjadi Pulau Dodola besar dan Pulau Dodola Kecil. Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Morotai, Maluku Utara.

Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju Daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. Keindahan kedua Pulau Dodola ini tidak jauh beda.

Pasir pantainya putih dan halus, dengan gradasi warna hijaum putih dan biru. Pemandangan lautnya yang hijau, jernih dan kebiru-biruan, makin membuat elok pulau ini.

Jika sedang surut, kedua pulau ini terhubungkan oleh pasir putih. Pasir putih tersebut seakan menjadi jembatan antar dua pulau itu. Jika pasang, daratan pasir penghubung itu tak terlihat, seolah dua pulau itu terpisah.

Anda dapat berjalan di atas pasirnya selama 5 menit untuk menyeberanginya. Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkeling dan diving. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, terdapat 13 titik penyelaman di tempat ini.

Menyaksikan aneka ikan hilir mudik dari dekat akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Dulu, pada 1942, Pulau Dodola ini menjadi tempat peperangan antara tentara Jepang dan Sekutu.

Jadi, ak heran jika saat menyelam di sekitar Pulau Dodola akan ditemui reruntuhan kapal atau pesawat zaman perang dunia kedua. Pulau Dodola ini masih tampak asri. Belum banyak pengunjung yang datang ke tempat ini, sehingga keasliannya masih terjaga.

Bagi pencinta perjalanan wisata, bisa menyandingkan keelokan Pulau Dodola dengan Pulau Maladewa. Laut terbelah di Pulau Dodola, Kepulauan Morotai, ketika keindahan menampakkan bentuknya. Tanah berpasir itu seolah muncul, dan laut menyibak.

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more