Menikmati Kopi Malabar Tiada Duanya

Rizki Reza Pratama

03 December 2018 | 14:07

Bermalam di perkebunan kopi Gunung Malabar sambil minum kopi arabika Malabar menjadi sensasi petualangan yang berbeda.

Wisata petualangan kebun kopi menjadi tren baru, bukan saja buat penikmat kopi tapi juga untuk orang awam. Komunitas #ngopidikantor mengajak sejumlah penikmat kopi mencicipi kopi Malabar di perkebunan kopi Malabar.

Nama Malabar mungkin sudah akrab di telinga banyak orang. Malabar merupakan penghasil teh dan kopi sejak era kolonial. Menurut sejarah, Malabar menjadi tempat pertama yang ditanam kopi oleh Bangsa Belanda.

Malabar Mountain Coffee menjadi salah satu operator penyedia wisata kebun kopi yang terletak di Desa Margamulya, Pengalengan, Kabupaten Bandung. “Perkebunan yang dikelola seluas 72 hektare, dibawah kelompak tani atau LMD Rahayu.

Intinya kita berkebun di atas lahan Perhutani, “ ujar Asep, manajer kebun Malabar Mountain Coffee. Berlokasi di atas ketinggian 1700 dpl, perkebunan kopi Gunung Malabar menawarkan sensasi petualangan yang berbeda.

Bukan cuma pengunjung dapat menikmati panorama indah Bumi Parahyangan, namun juga bisa mendulang pengetahuan seputar kopi Malabar dan pengolahannya. Dari Jakarta, butuh waktu 4 jam untuk sampai ke perkebunan kopi Malabar.

Di lahan kebun kopi Malabar, pengunjung bisa bermalam. Anda juga bisa melakukan pendakian dari tempat berkemah ke perkebunan Malabar. Jangan lewatkan mencicipi seduhan kopi Arabika Malabar di Gunung Malabar.

TAGS

Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more