Pesona Danau Toba Supervolcano Geopark

Romy

21 December 2018 | 17:07

Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara serta menempati peringkat dua danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Terletak di propinsi Sumatera Utara, danau ini menyimpan berjuta pesona alam yang tak akan habis untuk dijelajahi. Sejarah mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi super.

Danau Toba ini bak lautan luas jika dilihat di sepanjang pesisirnya. Anda akan dibuat kagum oleh keindahan danau ini, hamparan bukit barisan yang mengelilinginya dan pulau vulkanik yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Untuk menuju tempat wisata ini, anda bisa melalui Bandara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara. Dari sini hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam ke Danau Toba.

Kawasan Danau Toba ini dulunya Gunung Toba. Di sebelah utara adalah letusan Haranggaol. Itulah yang terjadi pada 500 ribu tahun lalu. Samosir menyimpan banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Pusuk Buhit. Daerah ini sebenarnya du;u adalah gunung berapi aktif. Tingginya sekitar 1980 meter di atas rata-rata permukaan laut.

Gunung ini dikelilingi oleh beberapa desa, seperti Sianjur Mula-Mula, Samosir, dan Pangururan. Saat ini, Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urbannya. Ada banyak peninggalan sejarah di Pusuk Buhit ini. Ada situs, batu sawah, tungku, dan lereng bukit perkampungan Raja Batak.

Yang menarik, ada batu Hobon, umurnya ratusan tahun. Dari sini juga budaya, kesenian, tarian tor-tor, dan perkawinan yang penuh pantun tercipta. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Pusuk Buhit. Misalnya, anda bisa mengunjungi Tower Tele yang merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan pemandangan keindahan Danau Toba.

Ada tempat menarik lainnya di dekatnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati ketenangan di Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Di Lembah Bakkara, anda juga bisa menikmati pesona alam bersanding dengan warisan leluhur Batak. Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran dari Raja Sisingamangaraja XII, pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda.

Dengan berlatarkan panorama keindahan alam tanah Pakpak, jauh dari polusi udara, Puncak Sidiangkat patut menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi saat berada di Kabupaten Dairi sekitaran Danau Toba.

Anda juga bisa menghilangkan penat di air penyejuk hati “Air Terjun Situmurun”, yang juga sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba.

Anda pun dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini. Anda bisa melihat keindahan Danau Toba dari berbagai sisi di 7 kabupaten, Sumatera Utara. Salah satunya anda dapat melihat keindahan Danau Toba dari Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Untuk itulah, pemerintah mendukung upaya percepatan Geopark Kaldera Toba ini untuk menjadi UNESCO Global Geopark.

Booking Order


Comments

About Us

Tempo Channel adalah salah satu produk digital dari Tempo Media Group. Tempo Channel lahir sebagai jawaban atas kebutuhan informasi digital berkualitas tentang industri pariwisata dan berita wisata. Tempo Channel, dibuat oleh tangan-tangan piawai yang menyimpan sejuta informasi.

read more